PLENGSENGAN IRIGASI PERTANIAN KETONGGO LEBAK DIBANGUN DENGAN DANA DESA

0
160

Gempur News Com Pasuruan. Dana Desa tahun 2017 yang sudah diterima oleh Pemerintah Desa Lebak Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan salah-satunya dialokasikan peruntukannya membangun plengsengan irigasi pertanian yang terletak di dusun ketonggo.Pembangunan plengsengan irigasi yang dialokasikan dari dana desa sebesar Rp 279.951.000,- dengan volume 600 m2 X 0,70 m X 30 m dirasakan sangat besar manfaatnya bagi warga masyarakat ketonggo yang menggantungkan hidup sebagai petani.

 

Mereka tidak kesulitan lagi untuk mengolah lahannya ketika musim kemarau sehingga setahun bisa panen hingga tiga kali, ujar warga. Menurut Khomarul Huda kepala desa Lebak rabu (26/07) setelah dibangunnya plengsengan irigasi pertanian ini agar supaya dapat meningkatkan produktifitas pertanian, sebagaimana yang telah disampaikan menteri desa Eko Putro Sanjoyo bahwasanya prioritas dana desa tahun 2017 adalah untuk membangun sektor pertanian. Sebelumnya produktifitas pertanian tidak maksimal karena saluran irigasi belum memadai, lahan pertanian didusun ketonggo mengalami krisis air ketika musim kemarau tiba, ungkap Khomarul. Nampak kegiatan pembangunan plensengan irigasi sudah transparan, dilokasi sudah terpampang papan informasi mengenai penggunaan dana dan vulome bangunan.

Khomarul Huda menjelaskan perihal pembangunan plengsengan irigasi pertanian yang terletak didusun ketonggo telah dilaksanakannya sesuai dengan ketentuan dan spesifikasi. Hal serupa juga dikatakan oleh Abdul Ghani selaku pelaksana kegiatan bahwa ia sudah melaksanakan pembangunan plengsengan sesuai dengan petunjuk ketentuan seperti yang terpasang di papan informasi.

Jurnalis : Hariyanto