DIDUGA AIR TERCEMAR ZAT BERBAHAYA BANYAK IKAN MATI DI SUNGAI REJOSO

0
230

diduga-air-tercemar-zat-berbahaya-banyak-ikan-mati-di-sungai-rejoso3Gempur News Com Pasuruan. Banyak ikan mati mendadak di bantaran sungai Rejoso Rabu (9/9) sekitar pukul 11.00 wib tepatnya di dusun Tambak Rejo Desa Patuguran Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan. Diduga tercemar zat berbahaya macam ragam ikan air tawar antara lain ikan pelangi, nila, keting, udang, pelak, bader mati mengambang. Samsul arifin warga dusun tambak rejo melihat kejadian tersebut lantas memberitahukan pada warga yang lain. Kemudian warga melaporkan banyaknya ikan mati mengambang kepada kepala desa pateguran. Hasan Husni kepala desa bersama tim pengawas air sungai rejoso yakni H Yasin dan Salim mendatangi lokasi kejadian.

Menurut Hasan Husni saat dikonfirmasi wartawan gempur news com pasuruan membenarkan hal demikian terjadi banyak ikan dari ekosistem air tawar mati mengambang. Diduga air sungai terkontaminasi zat berbahaya lantas kepala desa melaporkan hal tersebut pada camat rejoso untuk menindak lanjuti pada Dinas Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Pasuruan.

Pada bulan Juni 2017 sudah tiga kasus terjadi banyak ikan mati mengambang dan pihak pemerintah Desa dan tim pengawas air sungai rejoso telah mengambil sample air lalu dikirim ke Dinas BLH untuk ditelti, tetapi sampai ketika berita ini diterbitkan belum ada informasi resmi tentang penyebab banyaknya ikan-ikan yang kerap kali mati mendadak kata Hasan.

diduga-air-tercemar-zat-berbahaya-banyak-ikan-mati-di-sungai-rejoso2

Hal demikian menimbulkan kepanikan warga sekitar yang sehari-harinya menggantungkan hidupnya dari hasil nelayan, bila terus-terusan terjadi peristiwa seperti ini di sungai ini maka bukan hanya ikan-ikan besar akan mati tetapi kami kawatir ikan dari ekosistem air tawar akan punah,kami otomatis akan kehilangan mata pencaharian,ungkap warga. Saat ini Kepala Desa Pateguran, Camat Rejoso berkordinasi dengan BLH Kabupaten Pasuruan untuk menangani kejadian tersebut.

Reporter : Hariyanto