Pengadaan 1 Mobil Ambulance Desa Lebak Dari DD Guna Mendukung Pelayanan Kesehatan Masyarakat

0
206

Pasuruan Gempur News Com
Untuk tahun 2017 ini Pemerintah Desa Lebak Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan mengalokasikan Dana Desa (DD) untuk pengadaan 1 unit ambulance untuk mendukung pelayanan kesehatan masyarakat.

Sudah barang tentu keberadaan ambulance bagi Desa Lebak itu dapat membantu masyarakat yang membutuhkan, saat sedang sakit akan dibawa ke pusat layanan kesehatan, seperti puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dapat lebih optimal melayani.

Dikatakan oleh Khomarul Huda Kepala Desa, program pengadaan ambulance Desa Lebak untuk meningkatkan dan mempermudah pelayanan kesehatan bagi masyarakat, lebih – lebih sarana dan prasarana serta fasilitas yang dimiliki lebih memadai dari pada mobil kepunyaan pribadi.

Khomarul Huda juga mengungkapkan mobil ambulance tersebut memiliki ruang khusus bagi sisakit yang dilengkapi perawatan medis seperti infus, tabung oksigen dan lain – lain layaknya kendaraan ambulance yang dimiliki Rumah Sakit.

Lukman Ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) Lebak sangat mengapresiasi Pemerintah Desa dalam pengadaan mobil ambulance ini, harapannya kedepan sangat berguna dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Desa Lebak.

Khomarul Huda menambahkan bola dalam kondisi darurat seperti kecelakaan, melahirkan dan kasus pasien yang harus dirujuk ke puskesmas atau RSUD, tidak lagi mengalami kesulitan dengan keberadaan ambulance desa tersebut.

Untuk pemeliharaan mobil ambulance menjadi tanggung jawab masing-masing Pemerintah Desa , karena dana perawatan dan operasional ambulans itu menggunakan alokasi dana desa, dan dilarang digunakan untuk kegiatan lain seperti untuk hadiri undangan rapat dan urusan – urusan yang tidak ada sangkut pautnya dengan pelayanan kesehatan, pungkas Khomarul Huda. (Kaliansyah)