Bandara Bertarap Internasional Muara Teweh Siap Operasional Tahun 2020

0
449

Barito Utara.Gempurnews- Titik terang kapan pengoperasian Bandara H. M.Siddik Muara Teweh yang bertarap Internasional akhirnya terungkap.Setelah sekian lama terjadinya penundaan pengoperasiannya. Bandara yang akan menggantikan Bandara Beringin Muara Teweh,bisa dipastikan Bandara H.M.Siddik segera fungsional di tahun 2020.Hal ini setelah adanya konferensi pers di ruang rerja Bupati Barito Utara jumaat 26 juli dimana Kepala Bandara yang baru,Djarot menggantikan pejabat lama yaitu untuk menyelesaikan progres pekerjaan lanjutan Bandara H.M.Siddik.

Kepala Bandara, Djarot mengungkapkan bahwa Bandara H.M.Siddik Muara Teweh merupakan salah satu dari 15 pembangunan bandara baru sebagai arah kebijakan rencana pembangunan jangka menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019. Bandara H.M.Siddik akan memiliki landasan pacu 1.400 m X 30 m dengan konstruksi Asphalt Concrete.Anggaran yang dikucurkan Pemerintah Pusat untuk pembangunan bandara sebesar +/- 99 M ini,dipergunakan untuk pekerjaan konstruksi runway,taxiway dan apron, fillet dan turning marking, lanjutan pembangunan gedung terminal,lanjutan pekerjaan pemenuhan standar runway,lanjutan pembuatan drainase, pembuatan halaman parkir, perluasan dan rehabilitasi gedung PKP-PK,dan lanjutan pengadaan dan pemasangan pagar sisi udara.

Saat wawancara, Djarot mengungkapkan bahwa kendala program situmulus yang dialami adalah faktor transportasi,dimana material yang dipergunakan merupakan, material pabrikasi.”Di lokasi nantinya begitu meterial atau bahan sampai langsung dipasang,”jelas Djarot. Ditambah lagi,sehubungan dengan pekerjaan jalan, Djarot memohon do’a dan dukungan seluruh masyarakat agar tidak mengalami kendala masalah alam.Seperti hujan,apalagi saat ini sering kali terjadi hujan. Walau di pulau Jawa sudah masuk musim kemarau,”kata Djarot.

Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah  mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Barito Utara sangat berharap agak secepatnya bandara bisa fungsional.”Saat saya menghadap Presiden beberapa waktu yang lalu, saya ungkapkan permasalahan bandara ini,” jelas H. Nadalsyah. Masyarakat Barito Utara sangat mengharapkan agar bandara baru segera beroperasi,lanjut H. Nadalsyah.”Alhamdulillah psda,tahun 2019 ini Pemerintah Pusat telah mengalokasikan dana untuk percepatan pembangunan Bandara H. M.Siddik,”kata Bupati.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan bahwa setelah proses pekerjaan selesai.Bandara H. M.Siddik akan dilakukan uji coba penerbangan dengan mengalihkan rute dari Bandara Beringin Muara Teweh.”Saat itu,kita belum bisa mengoperasikan pesawat berbadan besar, masih memakai pesawat kecil”kata H.Nadalsyah. Nanti kedepan,setelah ada kerjasama dengan maskapai lainnya(selain Susi Air),pesawat sekelas Boeing dan Airbus akan dapat mendarat di bandara H.M.Siddik.”Mudah-mudahan Bandara H.M. Siddik,tidak hanya sebagai bandara transit,tetapi menjadi bandara tujuan langsung,”harap Bupati Barito Utara.

H.Nadalsyah mengungkapkan mimpinya,bahwa untuk dimasa yang akan datang. Bandara H.M.Siddik dapat menjadi bandara kebanggaan masyarakat Bumi Iya Mulik Bengkang Turan,tak hanya melayani rute domestik akan tetapi melayani rute internasional.”Mohon do’a dan dukungan dari seluruh masyarakat Barito Utara, agar pembangunan bandara ini dapat segera terselesaikan,”pinta H. Nadalsyah. (SS).