Berbasis Pariwisata Budaya, Tingkatkan Daya Tarik Bali 2020

0
81

 

DENPASAR Gempurnews.com – Pariwisata berbasis budaya masih jadi daya tarik utama Bali pada tahun 2020. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Putu Astawa, Kamis (02/01/2019) awal bulan ini.

Dihadapan awak media, Astawa menyampaikan rasa optimisnya jika Bali yang berbasis pariwisata budaya akan tetap menarik wisatawan dan mampu meningkatkan jumlah wisatawan.

 

Dalam kesempatan itu Astawa mengatakan hampir 60 persen turis asing yang datang ke Bali cenderung menikmati budaya. 30 persennya datang untuk menikmati keindahan alam.

Terkait target jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Bali tahun 2020, ia menyebutkan kisaran 7 juta wisatawan. “7 juta wisatawan di tahun 2020 itu cukup realistis jika melihat target tahun 2019 adalah 6,3 juta wisatawan mancanegara dan tercapai di angka 6,7 juta,” terangnya.

Astawa memprediksi negara-negera yang bakal menjadi penyumbang wisatawan ke Bali tak jauh berbeda dari tahun 2019, yakni Australia, China, India, dan negara-negara Asia lainnya.

Ditengah persaingan dunia pariwisata yang semakin ketat, Astawa mengaku telah menyiapkan sejumlah terobosan di antaranya mengatur standarisasi pariwisata. Nantinya, obyek wisata, industri pariwisata hingga pemasaran akan dibuat standarisasinya.

“Ke depan persaingan akan semakin ketat, sehingga kita memang harus melakukan terobosan dari yang sebelumnya,” ujar Astawa. (**/red)