Kurangnya Fasilitas NICU, Bayi Berusia 5 Hari Alami Demam Dan Kejang Dirawat Dirumah

0
262

KOTA CIMAHI —
Bayi mungil berusia 5 hari berjenis kelamin Laki-laki bernama Muhamad Harizd Ferdiansyah terpaksa dibawa kembali ke rumah, setelah beberapa Rumah sakit tidak bisa menerima nya karena Fasilitas Ruang NICU yang ada di Rumah Sakit yang didatangi kekurangan fasilitas NICU.

Anak pasangan Ipan Sopandi dengan Indah Permata Sari yang beralamat di Pasir Kiara, Lebak saat RT 04-RW 15 Kelurahan Cipageran Kecamatan Cimahi Utara, akhir nya di bawa pulang kerumah, kedua orang tua Muhamad Harizd Ferdiansyah tampak bingung dan pasrah dengan keadaan buah hatinya yang mengalami demam dan kejang, sementara semua rumah sakit yang di datangi tidak bisa menangani karena kurang nya fasilitas ruangan NICU.

Setelah dibawa ke Bidan, disarankan untuk diperiksa Dustira, karena Fasilitas NICU yang kurang memadai dirujuk ke Rumah sakit cibabat karena fasilitas NICU penuh kemudian dirujuk ke RSHS (Rumah Sakit Hasan Sadikin), akan tetapi tetap tidak bisa dirawat dikarenakan penuh juga.

Ruang NICU (Neonatal Intendive Care Unit) merupakan ruang perawatan Intensif yang seharusnya ada dan lebih diprioritaskan khusus diperuntukan bagi bayi yang baru lahir dan bayi yang mempunyai masalah kesehatan serius, akan tetapi masih kurang mendapat perhatian.

Dengan kejadian ini sangat disayangkan ketika Rumah Sakit yang sangat di andalkan oleh masyarakat tetapi tidak bisa menangani masalah kesehatan yang ada di masyarakat.

“Kedepan sebaik nya fasilitas ruang NICU harus diperhatikan karena menunjukan Rumah Sakit Yang sudah mendapat penghargaan bertaraf Nasional akan kurang baik ketika ada pasien yang dirujuk karena fasilitas yang kurang memadai,” ungkap johan pradana pemerhati kesehatan.

Johan Pradana yang selalu aktip mendampingi pasien dan keluarga ketika dirujuk ke beberapa Rumah sakit, sangat menyayangkan Terkait Kurangnya fasilitas NICU yang ada di Beberapa Rumah sakit.

“Sebaiknya fasilitas NICU ini ditambah, apalagi adanya pandemik dan diharuskannya Isolasi penuh, Saya sangat berharap kepada Pemerintah untuk memikirkan penambahan ruangan NICU, agar tidak ada warga masyarakat khusus nya warga Cimahi yang terlantar, tidak mendapatkan layanan kesehatan,itu saja” Pungkasnya.(Assyaf)