Pelaksanaan Hajatan Diperbolehkan Dengan Menetapkan Protokol Kesehatan Siapkah Warga ?

0
364

( Oleh.  Angga)

Tanggal 05 Agustus 2020, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kediri telah mengeluarkan surat pemberitahuan tentang protokol penyelenggaraan kegiatan hajatan pernikahan dan khitanan.

Dalam surat tersebut menerangkan bahwa Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kediri memperbolehkan pelaksanaan hajatan, dengan menetapkan protokol kesehatan yang sudah di berikan.

Gugus Tugas tingkat desa/kelurahan di haruskan membuat tim khusus untuk mengawasi pelaksanaan hajatan mulai dari sebelum hajatan, saat hajatan dan setelah hajatan. Selain itu Gugus Tugas Desa juga memberikan sosialisasi, dan melaporkan rencana kegiatan hajatan setelah mendapat pertimbangan dari Gugus Tugas Kecamatan.

Gugus Tugas Desa juga berhak membubarkan kegiatan hajatan apabila pihak- pihak terkait tidak memenuhi protokol kesehatan.

Bagi yang mau menyelenggarakan hajatan baik pernikahan ataupun khitanan, ada banyak hal-hal yang harus di tetapkan. Diantaranya harus dalam kondisi sehat dengan membuktikan hasil Rapid Test Non Reaktif dari Instansi yang berwenang untuk seluruh keluarga si penyelenggara, bukti tersebut di berikan tiga hari sebelum pelaksanaan.

Adapun pelaksanaan maksimal 1 hari, menyediakan handsanitizer/cuci tangan, mewajibkan masker, melakukan pembersihan memnggunakan disinfektan, menyediakan makanan dalam bentuk boks(menghindari prasmanan), dan bagi tamu dari luar kabupaten Kediri wajib membawa surat keterangan sehat dilampiri hasil Rapid Test yang masih berlaku. Masih banyak lagi poin-poin yang harus di perhatikan apabila ingin menyelengarakan acara hajatan pernikahan atau khitanan.

Bukan hanya penyelenggara hajatan saja yang harus menjalankan protokoler kesehatan, namun bagi pelaku seni/hiburan juga harus menetapkan protocol kesehatan. Diantaranya membersihkan sarana prasarana dengan disinfektan, jaga jarak sekitar 1 meter saat pagelaran, wajib memakai masker dll.

Dengan keadaan seperti ini apakah masyarakat akan siap menjalankannya?

Gugus Tugas Percepatan Covid-19 menetapkan peraturan tersebut guna untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Situasi sekarang yang sudah tidak seperti dulu lagi memakasa kita untuk disiplin dalam memperhatikan kesehatan.

Aktivitas yang sering di lakukan dulu sudah berbeda dengan sekarang, sekarang penting sekali dalam memperhatikan kondisi kesehatan. Karena virus ini penyebarannya cepat dan tak terlihat. Sehingga mau nggak mau harus tetap menerapkan protokol yang sudah di tetapkan. Disiplinkan diri untuk membantu memutus mata rantai penyebaran virus Corona.