Bupati Harapkan Mahasiswa PKL Tematik Bangkitkan BUMDes

0
346

 

LUMAJANG — Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) mengharapkan, agar Mahasiswa Praktik Kerja Lapang (PKL) Tematik Kewirausahaan dari Politeknik Negeri Jember dapat membantu membangkitkan usaha UMKM yang ada melalui BUMDes di Kabupaten Lumajang.

“Saya ingin mengajak seluruh Mahasiswa PKL untuk mengerahkan seluruh ide dan pikirannya yang selama sekian waktu ada di Poltek Negeri Jember, agar diimplementasikan di lapangan sehingga dapat menjadi inovasi yang dapat membantu membangkitkan UMKM di Lumajang,” ujar dia saat menerima Mahasiswa PKL Tematik Kewirausahaan dari Politeknik Negeri Jember, bertempat di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Selasa (18/8/2020).

Cak Thoriq juga menyampaikan, bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Direktur Poltek Negeri Jember, dengan harapan ke depan agar semua yang dilakukan mahasiswa saat PKL dapat berkelanjutan dan terus berkesinambungan.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah), Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Timur Mohammad Yasin, dan Direktur Politeknik Negeri Jember.

Sementara itu, Bunda Indah mengungkapkan, bahwa salah satu potensi unggulan yang dimiliki Kabupaten Lumajang adalah sektor pertanian, mengingat kondisi Kabupaten Lumajang sendiri adalah daerah agraris.

Oleh karena itu, hadirnya Mahasiswa PKL Tematik Kewirausahaan tentunya diharapkan dapat menambah semangat dan memotivasi pemerintah untuk mendukung, meningkatkan dan mendorong masyarakat, terutama dalam hal peningakatan perekonomian masyarakat.

“Kami harus pandai-pandai untuk mendukung masyarakat, supaya pandai melakukan teknologi pengolahan hasil pertanian. Tentunya, ini pas untuk menjawab dan mencari solusi bagaimana mengatasi pasca pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Bunda Indah juga berpesan sebelum melaksanakan PKL di desa-desa, mahasiswa harus tetap melaksanakan dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Jadilah contoh buat masyarakat, karena mahasiswa dipandang sebagai orang yang berilmu, tentu harus menjadi tauladan di masyarakat terkait disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan Covid-19,” terang dia.

Sementara, Direktur Politeknik Negeri Jember Saiful Anwar mengatakan, bahwa dirinya berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang, karena telah berkenan menerima mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan PKL di 74 BUMDes se-Kabupaten Lumajang selama kurang lebih satu bulan.

“PKL Tematik Kewirausahaan merupakan implementasi dari merdeka belajar yang digaungkan oleh Mendikbud, sebagai bentuk aktualisasi dari merdeka belajar salah satunya adalah pelaksanaan kegiatan belajar yang harus dilaksanakan diluar kampus,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, dilaksanakan juga penandatanganan perjanjian kerjasama antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lumajang dengan Politeknik Negeri Jember, tentang pendampingan pengelolaan dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Lumajang. (*)