Dimasa Pandemi COVID-19, Petani Desa Tegal Pasir Kembangkan Komoditas KABIR O7

0
59

BINDOWOSO – Di masa pandemi COVID-19, petani Desa Tegal Pasir mengembangkan komoditas KABIR O7 di Desa Tegal pasir Kecamatan Jambesari darus sholah Kabupaten Bondowoso, kamis 3/9/2020.

Acara tersebut, dihadiri Dinas Pertanian Bondowoso, Muspika Kecamatan Jambesari, BPP Maskuning, Kepala Desa Tegal Pasir beserta perangkat, tokoh masyarakat dan Gapoktan Mantep III.

“Petani harus berbangga. Ketika sektor usaha melemah, sektor pertanian harus tetap unggul. Ini semua bukan terletak kepada bibit varietas yang bagus, namun proses pengulahan tanaman dari penggarapan lahan, pengairan dan pemupukan harus sesuai, sehingga menghasilkan yang maksimal,” papar Kabag Holtikultura ” Winarto”

Ini di buktikan oleh petani muda yang berada di Gapoktan Manteb III yang menanam bibit varietas kabir 07 bisa menghasilkan 11 ton per hektarnya.

“Walaupun dimusim kemarau kami tetap tanam padi ini awal yang baik, karena mulai dahulu di Desa Tegal Pasir tidak bisa tanam padi karena tidak tersedianya air sebagai sarana irigasi, tapi dengan sentuhan tekhnologi sederhana yakni pengeboran dan modifikasi pompa air daya listrik dengan biaya yang sangat murah, petani di Desa Tegal Pasir bisa tanam padi tanpa batasan musim,” ujar Abdul Gafur, salah satu pegiat pertanian Desa Tegal Pasir.

“Pertanian di Desa Tegal Pasir Kecamatan Jambesari, harus lebih maju lagi, petani harus bisa meningkatkan produksinya, maka tepat sekali sektor pertanian kita pacu,” papar Kades Sujono

Dalam panen dan ubinan bibit galur kabir 07 berjalan dengan lancar dengan hasil memuaskan ( ARI)