Wabup : Jangan Buang Sampah Sembarangan di Tempat Wisata

0
342

LUMAJANG – Agar tidak berpotensi terjadi penumpukan sampah, masyarakat diajak untuk tidak membuang sampah sembarangan di tempat wisata. Pihak Disparbud di instruksikan membangun komunikasi dengan pengelola wisata.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati saat dirinya mengunjungi Objek Wisata Anjungan Kenanga Kebun Teh Kertowono Kecamatan Gucialit Kabupaten Lumajang, Minggu (19/9/2020).

“Mulai awal jangan sampai ada sampah berserakan, karena kalau itu dibiarkan maka akan terus bertumpuk dan menjadi kebiasaan,” kata Indah.

Dikatakan, Obyek Wisata Anjungan Kenanga Kebun Teh mempunyai sejarah, dan hal itu diperkuat oleh nilai historisnya, karena PTPN XII merupakan peninggalan dari jaman Belanda dan wisata tersebut cocok untuk destinasi wisata nostalgia dengan view hamparan kebun teh.

Wisata yang ada di Kabupaten Lumajang sembilan puluh persen wisata alam, termasuk obyek Wisata Anjungan Kenanga. Hal ini diyakini dapat menggerakkan roda pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar di saat pandemi Covid 19.

“Wisata yang ada di Kabupaten Lumajang sembilan puluh persen wisata alam, dan itu harus dimanfaatkan dengan baik. Sekarang saya senang karena setiap desa berlomba-lomba untuk mengangkat potensinya masing-masing, setiap komunitas dan pecinta alam itu juga menggarap setiap sudut alam yang ada di wilayahnya untuk menjadi sebuah potensi wisata,” pungkasnya. (tim)