Posyandu Kelas Bumil di Desa Semendi Periksa 30 Ibu Hamil

0
42

PROBOLINGGO –Selasa 22/09/2020 Balai desa Semendi Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo kali ini dihadiri oleh ibu ibu hamil guna mengikuti kegiatan posyandu kelas ibu hamil yang dilaksanakan oleh Puskesmas Tongas Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan yang dihadiri oleh Kades PJ Semendi Surib, perangakt Desa semendi, kader bumil, dan staf puskesmas Tongas melaksanakan pemeriksaan lengkap terhadap 30 orang ibu hamil yang ada di desa semendi.

Pemeriksaan ANCT (antenatal care) adalah pemeriksaan yang dilakukan selama masa kehamilan demi keselamatan ibu dan janin ini bertujuan untuk mengoptimalkan kesehatan mental dan fisik ibu hamil serta untuk menghindari resiko komplikasi pada kehamilan dan persalinan.kegiatan tersebut meliputi penimbangan berat badan bumil, pengukuran LILA( lingkar lengan atas), pemberian TT (titanus), pemeriksaan janin,tes Hb, hepatitis, sifilis,dan HIV.

Mereka juga mendapatkan pelayanan konsultasi kehamilan, PMT(pemberian makanan tambahan), pemeriksaan gigi,dan senam ibu hamil.

Kades PJ surib mengatakan, kami sangat mendukung kegiatan posyandu kelas bumil ini diadakan karena dengan demikian kami bisa memantau kondisi warga yang sedang dalam masa kehamilan karena angka kematian ibu dan bayi masih sangat tinggi.apalagi warga seperti didesa kami ini masih kurang memahami dan mengerti penting dan bahayanya kesehatan ibu yang sedang hamil.

Memeriksakan kehamilan saja masih sangat susah dan enggan, masih masih berpantang ini dan itu mengikuti tradisi kuno jadi dengan adanya kegiatan bumil seperti ini saya berharap semua bumil sehat dan tidak ada lagi kematian ibu dan bayi didesa kami.

Kami juga tetap mengedepankan protokol kesehatan terhadap kegiatan ini cuci tangan pake sabun,wajib masker dan menjaga jarak, ungkapnya.(ali)