PT.AGU Mangkir Di RDP, DPRD Barito Utara Bentuk Pansus

0
7

BARITO UTARA –Dalam Surat penjadwalan RDP dilaksanakan hari Rabu(14/10/20)di ruang sidang Paripurna DPRD Barito Utara.Saat rapat digelar pihak PT.Antang Ganda Utama(AGU) mangkir dari rapat   
dengar pendapat(RDP) tentang lahan kemitraan di Desa Pandran Raya, Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara. Ketidakhadiran managemen perusahaan sawit tersebut tanpa diketahui sebabnya.

Saat RDP akan berlangsung pukul 10.15 WIB,pimpinan RDP Wakil Ketua II DPRD Barito Utara Sastra Jaya,didampingi wakil Ketua I Parmana Setiawan,ST langsung menanyakan kepada Sekretariat DPRD dan mitra,dari Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Barito Utara tentang alasan ketidakhadiran perwakilan Prusahaan Sawit tersebut.

Ternyata menurut Pelaksana Tugas Sekretaris DPRD Barito Utara Edwin Tuah,sampai rapat dimulai tak ada konfirmasi dari PT.AGU. Sedangkan Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Barito Utara Pihalson menyatakan,ada pemberitahuan dari PT. AGU bahwa mereka tak dapat hadir.

 “Sudah dua kali PT AGU abaikan undangan DPRD. Padahal Banmus sudah jadwalkan RDP hari ini, sesuai dengan permohonan masyarakat. Tidak ada konfirmasi, jangan sampai lembaga ini dianggap tidak berharga,” tegas Wakil Ketua I DPRD Barito Utara Parmana Setiawan.

Anggota DPRD dari Fraksi partai Nasdem Hj.Nety Herawati juga menambahkan,kita memang harus jemput bola.Karena sudah dua kali PT.AGU ini,tidak mengindahkan dan juga tidak menghormati kita,untuk bisa berhadir dalam RDP ini.

Dikatakan Nety.Seandainya mereka tidak bisa hadir pada hari ini,sehari atau dua hari sebelumnya mereka memberikan informasi kepada lembaga kita.Seperti ini betul yang dikatakan Wakil Ketua I tadi,mereka sepertinya tidak menghargai kita sebagai wakil rakyat.

Kita sebagai orang tengah dalam permasalahan mereka,untuk itu perlu segera dibentuk Pansus penyelesaian permasalahan lahan Kelompok tani Isa Pakat warga desa Pandran Raya dengan PT.AGU ini,”jelas Nety.

RDP yang dihadiri Kepala Desa Pandran Raya Mus Muliadi dan Kepala Desa  Rubei Suriadi serta kelompok tani dari dua desa tersebut diakhiri pukul 10.45 WIB.Rapat menyimpulkan ada hal,dalam pembentukan Pansus PT. AGU. 

Sebagai kesimpulan akhir RDP itu bahwa,DPRD Barito Utara dalam waktu dekat inì,akan melakukan kunjungan kerja ke PT.AGU,terkait permasalahan tuntutan kelompok tani warga desa Pandran Raya dan Desa Rubei. (SS).