Tanah Longsor Timpa Rumah Warga Dusun Puncaksari

0
16

PROBOLINGGO — Musim penghujan seperti sekarang masyarakat tidak salah untuk lebih berhati hati, baik dalam perjalanan maupun dalam rumah terutama yang berdomisili dipegunungan yang terjal.

Disamping itu tekstur tanah yang lembek serta berkurangnya pepohonan sebagai penyanggah, tentu sangatlah rawan longsor dan pergeseran lapisan tanah atas.

Sulit diprediksi, dan bahkan nyaris tidak bisa ditanggulangi, karena faktor alam serta lahan pertanian berbasis sayur, yang tanahnya selalu diolah dalam setiap musim.

Seperti kejadian yang menimpa rumah warga dusun Puncaksari desa Sapih kecamatan Lumbang,(26/11/2020), tempat tinggal Pak Warto Rt 13, Rw 05 tepatnya, mengalami rusak yang cukup parah, akibat lokasi diguyur hujan deras dan terjadi longsor.

Meskipun dalam kejadian ini tidak sampai memakan korban jiwa, namun rumah Pak Warto yang dindingnya terbuat dari kayu mengalami jebol dan beberapa atap rumah dari asbes banyak yang pecah.

Saat itu juga warga sekitar melakukan kerjabakti untuk membersihkan tanah serta lumpur yang menimpa rumah tersebut, akan tetapi hari itu juga masih turun hujan sehingga pekerjaan berjalan lamban.

Tim Reaksi Cepat BPPD Kabupaten Probolinggo, bersama tim siaga bencana kecamatan Lumbang yang diikuti oleh anggota Koramil, Polsek, Dinkes, Satpol PP dan BPBD berusaha mendatangi lokasi bencana, akan tetapi tidak bisa sampai kelokasi dikarenakan juga terjadi longsor tanah yang menimbun jalan, sehingga untuk kendaraan tidak bisa melewatinya.

Sementara bantuan berupa terpal diserahkan kepada sekertaris setempat Tonawar, yang selanjutnya untuk diserahkan kepada korban.

Slamet Ary, dari Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Probolinggo, mwnyampaikan jika tim yang diturunkan sudah berupaya keras untuk dapat sampai kelokasi bencana, akan tetapi medannya sulit dan tidak bisa dilalui roda empat.

Disampaikan, untuk warga masyarakat lebih berhati hati dan waspada menghadapi cuaca hujan dan kadang bersamaan dengan angin kencang tersebut.(Wulan)