Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, Raih Kesuksesan di Bidang Seni Rupa

0
25

CIMAHI —
Ketika anak sudah lulus sekolah menengah, kreatifitas seni mereka nenjadi luntur, ini merupakan Fenomena yang terjadi di Indonesia, ini disebabkan karena banyak dari orang tua lebih menekankan kepada anak untuk tumbuh dan berkembang dengan prestasi Eksakta serta mengabaikan prestasi seni.

Dalam pertumbuhan dan perkembangan seorang anak, sebaiknya diberi peluang untuk memilih, karena kecerdasan, minat dan bakat setiap anak pastinya berbeda-beda, baik cerdas dalam bidang eksakta, maupun cerdas dalam bidang seni.

Hal itu disampaikan oleh Rina Mariana, S.Pd, S.ST, M.Ds, (02/12/2020), salah seorang pendidik dan Perupa Kota Cimahi, menurutnya setiap anak memiliki minat, bakat hoby yang berbeda-beda, adalah tugas orang tua beserta pendidik untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh anak.

Menurutnya, pendidikan Seni sebagai salah satu cara untuk membentuk sikap dan kepribadian anak yang mempunyai fungsi-fungsi jiwa, yang meliputi Fantasi, Sensitivitas, kreativitas dan Ekspresi.

Ditambahkan pula, tujuannya adalah memberi stimulus pertumbuhan ide-ide yang Imajinatif, mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan kesenian dengan disiplin ilmu lainnya.

Seorang anak dapat berfantasi terhadap hasil karyanya, melalui perasaannya, menuangkan ide gagasannya kedalam hasil karyanya, dan ini menjadikan anak memiliki Sensitivitas, kreativitas yang baik serta mengekspresikan hasil karya seni, dapat mengembangkan kemampuan untuk ber apresiasi seni dalam konteks sejarah juga dapat menghargai berbagai macam budaya lokal serta global sebagai sarana pembentukan untuk saling toleransi dan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat.

Dalam hal ini dirasakan pentingnya Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di bidang Seni rupa sebagai wadah yang dapat menumbuh kembangkan minat serta bakat seni rupa, melakukan perubahan menuju kemajuan, kemanfaatan serta bersifat positif dengan suasana yang menyenangkan juga memberi peluang meraih prestasi di bidang Seni rupa.

Pentingnya Pusat Kegiatan Masyarakat (PKBM) di kota Cimahi, merupakan tonggak pemberdayaan berkelanjutan bagi masyarakat menuju Sumber Daya Manusia yang kratif, Produktif dan Unggul, pungkasnya.( EDISON)