TPU Margamulya Terkesan Kumuh, Pengurus Makam Harapkan Perbaikan

0
22

CIMAHI – Sabtu(23/01/2021)
Tempat Pemakaman Umum (TPU) Marga mulya yang terletak di Wilayah RW 01 Kelurahan Cimahi, Kecamatan Cimahi Tengah, terkesan kumuh dan menghawatirkan, padahal TPU ini merupakan tempat untuk memakamkan jenazah warga sekitar Kelurahan Cimahi Bahkan Warga Kelurahan Cibabat (Sukawargi).

Awak media yang sempat berkunjung dan menemui pengurus makam yang juga merupakan anak tertua juru kunci makam yakni Bapak Ukar, sedikit memyampaikan keluhan terkait pemeliharaan makam. Sedangkan jurukunci makam, Ibu Karyati sedang dalam keadaan sakit karena usia yang sudah senja yakni 80 tahun dan berada dirumahnya.

Anak tertua dari Ibu Karyati yang dijumpai awak Media Gempur News, menerangkan keadaan TPU Margamulya ini, dulu dipegang oleh Pak Ajat untuk perawatannya. Kemudian diteruskan oleh Ibu Karyati sampai sekarang namun karena Ibu Karyati Sakit diteruskan oleh Pak Ukar.

“Sebenarnya saya sudah mendapatkan surat dari Kelurahan tahun 2017 lalu, tapi karena Ibu Karyati masih ada saya tidak berani mengklaim saya sebagai pengurus makam disini.” Terang Pak Ukar.

Sebagai pengurus TPU Margamulya, Pak ukar menyampaikan harapannya untuk memperbaiki Saung yang selama digunakan sebagai tempat berteduh dan menerima tamu yang berkepentingan untuk pemakaman, karena menurut dia Saung tersebut sudah kurang sedap dipandang mata.

“Beberapa waktu yang lalu sempat pak Walikota Cimahi berkumjung dan berjanji akan mperbaiki Saung makam ini, namun sampai saat ini belum ada realisasinya.” Tuturnya.

“Saya pun berharap ada WC umum yang diperuntukan bagi para pengunjung TPU yang melakukan Ziarah kubur, agar pengunjung makam tidak kebingungan ketika ingin buang air kecil dan sekedar mencuci tangan.” Tambah Pak Ukar.

TPU Margamulya sudah lumayan padat bahkan kabarnya sampai satu lubang kubur digunakan oleh 2 jenazah, yang paling miris adalah keberadaan Saung yang sudah tidak layak gentingnya di tutup oleh plastik serta kumuh. Bahkan informasi yang didapat media ini, Pak Ukar selama ini tidak menerima insentif sebagai pengurus makam dikarenakan TPU Margamulya ini tidak termasuk TPU yang di kelola oleh Dinas pemakaman.
Edison