Bupati Barut Ikuti Rakor Pencegahan Korupsi Se-Kalteng Tahun 2021

0
334

BARITO UTARA — Bupati Barito Utara,H. Nadalsyah bersama Ketua DPRD,Ir.Hj.Mery Rukaini, M.IP dan Sekretaris Daerah,Ir.H.Jainal Abidin, M.AP menghadiri Rapat Kordinasi Program Pencegahan Korupsi pada Pemerintah Daerah se-Kalimantan Tengah tahun 2021 yang pelaksanaƱya diaula Palangka Raya Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalimantan Tengah,Senin(5/4/21). 
Rakor dipimpin oleh Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, dihadiri oleh Direktur Wilayah III Koordinasi dan Supervisi KPK RI, Brigjen Polisi.Bahtiar Ujang Purnama, Bupati, Walikota, Ketua DPRD dan Sekretaris Daerah serta Inspektur se-Kalimantan Tengah, perwakilan Ombudsman, Pertanahan dan Perbankan.

Dalam sambutannya, Gubernur Kalteng menyampaikan tiga arahan yakni, Pemerintah Provinsi dan Pemkab,kota harus berperan aktif dalam mendukung dan menjalankannya, seluruh entitas yang memiliki tanggung jawab dan peran, segera melakukan akselerasi kinerja sesuai dengan indikator yang ditetapkan serta  meningkatkan,koordinasi dan komunikasi antar instansi untuk memperkuat Pemerintah,dalam mencegah dan memberantas korupsi di Kalimantan Tengah. 

Direktur Wilayah III, Bahtiar menyampaikan bahwa KPK mengedepankan edukasi dalam upaya pemberantasan korupsi.

“Kehadiran kami disini untuk bapak,ibu semua dalam upaya pemberantasan korupsi khususnya di Kalimantan Tengah,”jelas Bahtiar. 

Berkaitan dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota, KPK berkoordinasi dan berkomunikasi terkait dengan tugas pokok,yang menjadi tanggung jawab masing-masing.

“Saya mempunyai tanggung jawab moril di enam wilayah supaya para kepala daerah dan kepala perangkat daerah tidak akan korupsi,”kata Bahtiar.

“Peringkat Indonesia saat itu,berada pada urutan 85 tahun 2019 dan urutan dunia ditahun 2020 berada pada peringkat 102.Terkait upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi khususnya,di Kalimantan Tengah agar nantinya dapat diminimalisir atau bisa dihilangkan,”harap Bahtiar.   (SS).