Buntut Perselisihan Antar Warga, Polres Kota Pasuruan Gelar Mediasi

0
102

PASURUAN – Kegiatan islah/mediasi antara H. Fatoni dengan Mustofa di kantor Kec. Kraton Kab. Pasuruan digelar pada Senin, 12 April 2021.

Islah/mediasi ini dilakukan pada pihak yang sempat berselisih hingga terjadi penganiayaan antara H. Fatoni (53) yang beralamat di Dusun Kisik RT 05 RW 05 Desa Kalirejo Kec Kraton Kab Pasuruan dengan Mustofa (31) asal Dsn. Kaligung RT 01 RW 01 Desa Kalirejo Kec. Krayon Kab. Pasuruan.

Hadir dalam kegiatan islah/mediasi, Camat Kraton Munif Triyatmoko, SE, MM; Sekcam Kraton, Eddy Santoso, SE; Kapolsek Kraton AKP Teguh Taviyarno; Kasi Humas Polres Pasuruan Kota, AKP Endy Purwanto; Danramil, Kapt. Sutiyono; Kanit Reskrim Polsek Gadingrejo, Iptu Agung Sujatmiko; KBO Sat Intelkam IPTU Achmad Santoso, SH; Kasi Trantib Kec Kraton H. Nur Choliq; Kades Kalirejo M. Adip; Bhabinkamtibmas Desa Kalirejo Bripka M. Abadi; Ketua BPD Kalirejo, Muslimin; Ustad Sirod selaku tokoh agama; serta pihak yang berselisih.

Iptu Agung, Kanit Reskrim Polsek Gadingrejo saat membuka pertemuan itu mengatakan bahwa kegiatan mediasi/islah ini adalah kegiatan akhir dari buntut perselisihan antara haji Fathoni dengan Musthofa terkait penguasaan lahan.

“Pihak Polri memberikan kesempatan kepada kedua belah pihak untuk melakukan istilah ataupun mediasi antara kedua belah pihak yang bertujuan untuk mendamaikan masing-masing pihak,” katanya.

Dengan demikian, imbuhnya, kegiatan bertujuan untuk menyejukkan hubungan antar warga kelurahan Kalirejo kecamatan Kraton kabupaten Pasuruan

Sementara itu, Camat Kraton menyampaikan kegiatan ini merupakan momen yang sangat penting bagi kita semua, khususnya buat haji Fatoni dan Mustofa yang sempat berselisih.

“Menjelang bulan Ramadhan ini semoga semua diberikan pikiran yang jernih dan pikiran yang sehat dan semua warga bisa rukun kembali. Kami berharap kegiatan mediasi ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman khususnya bagi warga Desa Kalirejo kecamatan kraton kabupaten Pasuruan,” ungkap Camat.

Masih dalam pertemuan itu, Kapolsek Kraton juga menyampaikan terima kasihnya pada pihak yang berselisih atas kesadarannya untuk saling memaafkan.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang luar biasa sebagai manusia kita wajib dan dapat mengendalikan hawa nafsu apalagi kita sebentar lagi datang bulan Ramadhan,” kata Kapolsek.

Demikian pula dengan Danramil Kraton, dirinya berharap agar pada pihal yanh berselisih bisa saling memaafkan.

“Jangan sampai kami mohon kepada haji Fathoni dan qadar Mustofa jangan sampai ada dendam antara masing-masing pribadi maupun keluarganya besar masing-masing setelah ini,” harapnya.

Senada dengan Danramil, Kades Kalirejo juga berharap dengan adanya kegiatan mediasi ini pihak yang menghentikan perselisihannya.

“Mari kita menjaga tali silaturahmi dan saling bermaafan. Apalagi menjelang kegiatan bulan Ramadan seperti saat ini,” tegasnya.

Solikin, dari Bakesbangpol Kab. Pasuruan juga berharap kegiatan mediasi ini benar-benar membawa perdamaian antara pihak yang berselisih.

Menutup pertemuan tersebut, ustad Sirod menyampaikan Pertemuan ini adalah sebagai bukti adalah orang-orang yang ingin mencari kebaikan kami mohon kepada semua yang hadir pada hari ini kita mencatat sejarah bawah sebesar apapun konflik yang terjadi antara umat manusia dapat diselesaikan dengan cara yang baik.

“Hari ini kita menjadi saksi perjalanan antara kedua insan manusia dan semoga kegiatan ini diberikan catatan yang baik oleh Allah SWT. Harapannya acara ini sebagai momentum cara Islam yang baik untuk kita kedepannya dan kedua orang ini yaitu haji Fathoni dan saudara Mustofa merupakan tokoh sejarah yang baik antara kita semua,” pungkas Ust.Sirod. (tofa)