DPRD RDP, Perusahaan Tambang Pakai Jalan Desa Wajib Memperbaikinya

0
88

BARITO UTARA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)Barito Utara dari Komisi III, menanyakan keseriusan baik itu Investor Perusahaan di sektor perkayuan maupun Tambang Batu Bara yang beroperasi di Kecamatan Lahei Barat,untuk membantu menangani perbaikan jalan di Desa Luwe Hulu dan Hilir agar cepat fungsional.

Ketua komisi III DPRD Barito Utara,H.Tajeri  mempertanyakan ke pihak perusahaan yang semula menyetujui perbaikan jalan, akan tetapi hingga saat ini tidak tuntas dikerjakan,  sehingga masalah ini terkesan dibiarkan begitu saja.

“Rapat dengar pendapat ini dilakukan berdasarkan laporan masyarakat, karena sudah dilaksanakan rapat yang dipimpin Dinas terkait tapi hingga kini pihak Perusahaan belum melakukan pekerjaan,”kata Tajeri,saat RDP dilangsukan,Senin (19/4/2021).

Menurut Tajeri,harusnya rapat yang sudah disetujui oleh beberapa Perusahaan dilakukan secepatnya,  agar kerusakaan badan jalan tidak parah.

Perwakilan PT.Medco Energi,M.Idrus mengatakan memang rapat bersama telah dilakukan,baik dari pihak perusahaan,  masyarakat dan Dinas terkait seperti PUPR dan Camat setempat.

Menurutnya ,pihak Perusahaan tentu saja berkomitmen dalam membantu warga,apalagi dibidang infrastruktur, masalah ini juga sudah menjadi tanggung jawab perusahaan.Pasalnya,  dalam melakukan kegiatan ada juga yang memerlukan perubahan.Seperti jalan di wilayah titik rendah, sehingga bila banjir jalan pasti tergenang air.

“Masalah ini tentu saja,kita juga menunggu keputusan managemen dari Pusat,karena kita tidak bisa mengambil keputusan,”kata M.Idrus.

Kadis PUPR Barito Utara,M.Iman Topik mengatakan,anggaran yang diperlukan untuk cor rigit beton jalan lintas Kecamatan di Desa Luwe Hilir sepanjang 700 meter,mencapai Rp.1,2 Miliyar.Dengan lebar 4,5 meter sedangkan bahu jalan disisi  kiri dan kanan Masing-masing 1,2 meter.

Sementara itu Pimpinan RDP.Wakil Ketua I DPRD Barito Utara,Parmana Setiawan,ST mengungkapkan kesepakatan yang dicapai. Pihak Perusahaan melakukan koordinasi kembali,dalam jangka waktu dua Minggu.
Hal ini tentu untuk mengambil langkah percepatan penyelesaian jalan rigit beton di Desa Luwe Hilir,sebagai tindak lanjut pada berita acara tanggal 1 Januari 2021, sesuai rencana anggaran biaya yang dibuat oleh Dinas PUPR.
Kemudian dari hasil kesepkatan yang telah ditandatangani,akan dirapatkan kembali pada 3 Mei 2021.

Selanjutnya,PT.Victor Dua Tiga Mega dalam waktu satu Minggu akan melakukan rapat internal, mengenai penyelesaian status  jalan Desa Jangkang Baru menuju Luwe Hulu pada saat ini masih ada bangunan Kantor yang ditempati oleh PT. Victor Dua Tiga Mega.Hasil rapat tersebut nantinya,akan disampaikan kepada pemerintahan Kecamatan dan Desa.  (SS).