Dongkrak Peningkatan UMKM Pemdes Purwodadi Alokasikan Program Kanggo Riko

0
321

Gempurnews.com–Banyuwangi. Dalam kunjungan awak media gempurnews di kantor Desa Purwodadi pada kamis (22/04/21). Kepala Desa Purwodadi, Drs. Suyanto memaparkan beberapa program kerja pemerintahannya ditahun 2021. Salah satunya yang menjadi fokus utamanya adalah pemberdayaan masyarakat dengan peningkatan usaha mikro kecil menengah (UMKM) melalui Program Kanggo Riko.

Upaya ini dianggapnya sangat penting, mengingat pada masa Pandemi virus covid-19 yang telah melanda lebih dari satu tahun ini telah membawa dampak buruk utamanya pada sektor perkonomian masyarakat desa.

” Untuk tahun-tahun ini fokus pemerintah yang dipusat maupun dibawah masih pada penanggulangan pandemi. Seperti pemberian Bansos dan sebagainya. Bahkan yang lebih diutamakan tahun ini, adalah program yang berkaitan dengan pemulihan ekonomi. Jadi disini pemerintah desa Purwodadi berfikir, bagaimana bantuan yang kita berikan tidak hanya sekedar bantuan, namun juga dapat memberikan nilai lebih, setidaknya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.” Terang Suyanto dihadapan awak media.

Program Kanggo Riko yang dalam bahasa Using memiliki arti “Untuk Anda” ini, merupakan program yang digagas pemerintah daerah Kab.Banyuwangi pada tahun 2018. Program ini bertujuan untuk mendorong kemandirian warga desa sekaligus meningkatkan semangat wirausaha.

” Program kanggo riko ini merupakan program pemerintah daerah yang dilaksanakan olah desa. Program ini memang yang pertama kalinya dilaksanakan di desa Purwodadi. Ya, harapannya dengan adanya program kanggo riko ini, diharapkan betul-betul bisa meningkatkan usaha masyarakat kecil.” Pungkasnya.

Dalam program ini pemerintah desa Purwodadi telah memeberikan bantuan kepada sebanyak 40 RTM (Rumah Tangga Miskin). Masing-masing RTM menerima seperangkat peralatan pendukung usahanya. Namun tidak semua RTM mendapatkan peralatan yang sama, karena sebelumnya RTM telah mengajukan apa saja yang berkaitan dengan kebutuhan pendukung usahanya.

Selain berupa kebutuhan wirausaha, dalam pelaksaan program Kanggo Riko yang dilaksanakan dipendopo desa pada kamis (8/4/2021) lalu, pemerintah desa Purwodadi juga memberikan paket sembako kepada seluruh RTM penerima bantuan.

Apresiasi juga diberikan para RTM penerima bantuan, salah satunya Supriadi yang berprofesi sebagai pedagang bakso. Warga dusun krajan RT.03 RW.1 ini menerima 1 unit kompor Rinnai 2 tungku 522cc, 1 buah tabung gas 3kg, 1 set selang dan regulator myako, 1 unit blender kapsul, setengah lusin mangkuk dan 1 unit rombong bakso. Baginya bantuan ini sangat membantu, mengingat usahanya yang hampir gulung tikar diakibatkan masa pandemi yang berkepanjangan.

” Alhamdulillah, saya sangat berterimakasih, dengan bantuan yang diberikan pemerintah desa Purwodadi, ini sangat membantu kami, membantu membangkitkan usaha kami yang beberapa waktu ini sempat terguncang karena pandemi yang berkepanjangan.” Pungkas supriadi. (*/Siget)