Rakor Secara Virtual Pemkab Barut Ikuti Arahan Presiden RI

0
344

BARITO UTARA –Kemendagri melakukan rapat koordinasi secara virtual di Jakarta terkait,arahan Presiden Republik Indonesia kepada Kepala Daerah se-Indonesia tahun 2021.Dalam rangka penanganan Pandemi Covid-19 pasca lebaran Idul Fitri 1224 H.2021 M,Senin(17/5/2021). 

Dalam Rakor secara virtual di rumah dinas Bupati Barito Utara melalui Vidcon itu,dihadiri oleh Bupati Barito Utara H. Nadalsyah,Ketua DPRD,Ir. Ir.Hj.Mery Rukaini,M.IP, Sekretaris Daerah,Ir.H. Jainal Abidin,M.AP, Kapolres Barut, AKBP.Dodo Hendro Kusuma,SIK, Dandim 1013 Muara Teweh,Letkol Kav.Rinaldi Irawan,Kepala Pengadilan Agama,perwakilan Kajari dan Pengadilan Negeri serta para Asisten Sekda. 

Dalam laporannya, Mendagri,Tito Karnavian menyampaikan laporan perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia,dimana negara Indonesia masih mampu dalam penanganannya. 

Dalam arahannya,Presiden RI,Joko Widodo menyampaikan bahwa pasca lebaran Idul Fitri jumlah kasus Covid-19 berpotensi mengalami kenaikan meskipun Pemerintah telah mengeluarkan larangan mudik.Dari data tanggal 6 sampai 17 Mei masih ada pemudik sekitar 1,4 juta orang. 

Indonesia saat ini mengalami puncak kasus aktif Covid-19 pada tanggal 5 Pebruari 2021, dengan jumlah 176.672 kasus.Kita mengalami penurunan kasus aktif mencapai 48,6% dari periode puncak,pada tanggal 16 Mei,kasus aktif dapat ditekan menjadi 90.800 kasus,”kata Presiden RI.

Presiden juga menghimbau kepada para kepala daerah, agar tahu perkembangan dan permasalahan yang dihadapi,sehingga penanganannya dapat mudah dan cepat.

Selain itu,Jokowi juga menyoroti peningkatan jumlah pengunjung,pada tempat pariwisata dan peningkatan jumlah hunian kamar.Itu semua baik untuk ekonomi,tetapi harus hati-hati untuk Covid-19 nya,”jelas Jokowi. 

Target pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II sebesar 7%,agar para kepala daerah bertanggungjawab terhadap pertumbuhan ekonomi di daerahnya masing-masing.Ini merupakan akumulasi dari pertumbuhan ekonomi nasional ataupun dari pertumbuhan ekonomi masing-masing daerah,” harap Jokowi. (SS).