KMP Yunice Tenggelam di Gilimanuk, Angkut 41 Penumpang dan 14 awak kapal

0
85

Gempurnews.com – Jembrana. Kapal penumpang KMP Yunice tenggelam di Perairan Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali, sekira pukul 19.20 WITA Selasa (29/6/2021).

KMP Yunice tenggelam dalam jarak 300 meter dari Pelabuhan Gilimanuk, sesaat menunggu antrian sandar.

Tim SAR gabungan mencatat ada 33 penumpang KMP Yunicee selamat, kapal tenggelam di Selat Bali. Namun enam orang dinyatakan meninggal dunia dan 14 lainnya hilang.

“Data sementara yang kami terima dari KSOP Gilimanuk, ada enam korban meninggal, 33 penumpang ditemukan selamat, dan 14 orang lainnya masih dalam pencarian,” kata Dandim Banyuwangi, Letkol Inf Yuli Eko, Selasa (29/6/2021) malam.

KMP Yunicee saat berlayar dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi menuju Gilimanuk Jembrana Bali, mengangkut 41 penumpang dan 12 anak buah kapal (ABK).

Sebelum tenggelam, kapal sempat menunggu antrean bersandar di Pelabuhan Gilimanuk, tidak lama berselang diduga kapal mengalami mesin mati dan terbawa arus laut ke arah selatan pelabuhan hingga kemudian diketahui tenggelam.

“Jadi, KMP Yunicee berangkat atau menyeberang dari Pelabuhan Ketapang ke Gilimanuk. Saat menunggu untuk bersandar terjadi kecelakaan dan tenggelam,” katanya.

Saat kejadian beberapa kapal verry yang berada disekitar mencoba untuk mendekat dan berupaya melakukan penyelamatan.

Sampai saat ini proses evakuasi dan penyisiran dilakukan oleh puluhan personil dari Tim Gabungan baik dari Basarnas, Tim SAR, TNI, dan Polri.

Adapun data kapal, KMP Yunice memiliki panjang 56,5 meter dan lebar 8,6 meter. Warna kapal putih strip merah biru, dengan bendera Indonesia. (*/Siget)