HST Kirim Tim BPBD ke Barito Utara,Tangani Bencana Banjir

0
45

BARITO UTARA-Curah Hujan cukup tinggi,sehingga  mengakibatkan air sungai Barito meluap dan Banjir merendam ribuan rumah di Kabupaten Barito Utara,musibah banjir ini mengundang perhatian dan simpati kemanusiaan dari daerah lain khuausnya daerah tetangga,yaitu Kabupaten Hulu Sungai Tengah(HST)Provinsi Kalimantan Selatan.

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD)Kabupaten Hulu Sungai Tengah HST,Provinsi Kalimantan Selatan,turun ke Bumi Iya Mulik Bengkang Turan Barito Utara,untuk menolong penanganan korban banjir hari ini,Rabu (8/9/2021).

“Betul bahwa hari ini,tim  BPBD Kabupaten HST berangkat dengan misi kemanusiaan ke  Kabupaten Barito Utara,Kalteng untuk membantu  warga  yang terkena  banjir. Mereka ke Barito Utara sudah ada konfirmasi dari Kepala Pelaksana BPBD HST,kepada kita,”ujar Kepala Pelaksana BPBD Barito Utara Gazali Montallatua kepada Media Online Gempurnews.com,Rabu siang.   

Kalak BPBD Barito Utara, belum merinci ke mana tim asal HST diploting.Pasalnya catatan media ini,dari enam kecamatan yang terkena 
dampak banjir,salah satu paling parah di Kecamatan Lahei Barat.Di sana terdata 1.025 rumah warga,rumah ibadah,sekolah dan fasilitas umum terendam air. 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistick BPBD Barito Utara,Rijali Hadi memastikan tim bernagkat dari Barabai HST Kalsel menuju Muara Teweh tadi pagi . 

Misi kemanusiaan ini sekaligus misi balasan dan silaturahmi dari Kalsel,karena pada saat bencana banjir pada tahun lalu di Kalsel,tim BPBD Barito Utara juga turun tangan mengatasi bencana alam disana.  (SS).