Launching PPM Terakhir di RW 09 Kelurahan Leuwigajah, Plt.Walikota Cimahi diarak Singa Depok

0
631

CIMAHI –
Lauching Program Pemberdayaan Masyarakat(PPM) yang digelar oleh pemerintah Kota Cimahi terakhir dilaksanakan di RW 09 Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi.
Prosesi penyambutan dilakukan dengan menggunakan Kesenian Tradisional Singadepok, Plt.Walikota Cimahi, Letkol.(Purn.) Ngatiyana, didampingi Lurah Leuwigajah di usung menaiki Singadepok, dalam pantauan nampak kemeriahan penyambutan dilanjutkan dengan atraksi Pencak Silat dari Perguruan Pecak silat Setia Hati yang tergabung Dalam wadah IPSI. Selain Plt.Walikota, tampak hadir Asda.Kota Cimahi Maria Fitriana, Kadis.Kominfo arpus M.Roni. Camat Cimahi Selatan Dani, Danramil.Mayor.Inf.Wastra, Lurah Leuwigajah Seta Dewa Juga
forum RW Leuwigajah.

Lurah Leuwigajah dalam kesempatan tersebut menyampaikan laporan pelaksanaan Kegiatan Program Pengembangan Masyarakat di Kelurahan Leuwigajah, termasuk yang menjadi dasar hukum kegiatan Pemberdayaan Kegiatan Masyarakat pada tahun 2021 ini yakni Perwali Kota Cimahi no.8 Tahun 2020 tentang pengembangan pemberdayaan Kota Cimahi, selanjutnya Dokumen rencana anggaran yang tercantum dalam DPA Kelurahan Leuwigajah Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi. Adapun tujuan dalam pelaksanaan PPM tahun ini yakni yang pertama meningkatkan kemandirian nasyarakat dalam rangka percepatan pembangunan melalui pengembangan pemberdayaan Masyarakat, yang kedua terlaksananya perbaikan dan pemerataan pembangunan di lingkungan Kelurahan leuwigajah. Waktu dan tempat kegiatan serentak dari tanggal 25 November 2021, sementara pelaksanaan Launchingnya pada hari ini dengan Locus di RW 09, sementara pekerjaannya adalah rabat beton, adapun untuk rincian dari 20 RW yang melaksanakan PPM pada tahun ini adalah :
RW 01 melaksanakan pekerjaan Paving Blok, RW 02 Rabat Beton, RW 03 Rabat Beton,RW 04 Paving Blok, RW 05 Paving Blok, RW 06 Rabat Beton, RW 07 Rabat Beton, RW 08 Rabat Beton RW 09 Rabat Beton, RW 10 Rabat Beton, RW 11 Plat Deker, RW 12 Kantor RW, RW 13 Pos Yandu, RW 14 Rabat Beton, RW sisanya disesuaikan dengan Kebutuhan Wilayah RW. Kegiatan PPM dilaksanakan dilingkungan Kelurahan Leuwigajah. Adapun sumber anggaran yabg menjadi dasar dalam kegiatan PPM ini, berasal dari APBD Kota Cimahi Tahun 2021, yang masing-masing RW mendapatkan anggaran sebesar 75 Juta rupiah. Peserta PPM ini adalah seluruh warga dan Masyarakat di lingkungan Kelurahan Leuwigajah, Terang Lurah Leuwigajah.

Ditempat pelaksanaan kegiaatan PPM, Ketua PPM RW 09 Kelurahan Leuwigajah Kecamatan Cimahi Selatan,Kurnia menuturkan, pelaksanaan kegiatan PPM ini dilaksanakan secara gotong-royong dengan melaksanakan swadaya masyarakat, lebih dari 80 warga RT 12 ikut serta dalam kegiatan PPM, ada dua titik yakni di RT 12 dan di RT 09, sedang pekerjaan yang dilaksanakan untuk di RT 12 pekerjaan rabat beton sementara di RT 09 adalah pengerjaan Drainase. Sumber anggaran berasal dari PPM hang berasal dari APBD Kota Cimahi, besarnya adalah 57 Juta, yang awalnya 75 juta setelah Potong PPH dan PPN. Respon dari Masyarakat dengan kegiatan ini sangat antusias, karena di Wilayah RT 12 ini masih sangat suka bergotong- royong atau dalam bahasa Sundanya artinya Guyub, setiap pekerjaan dikerjakan bersama-sama.Untuk ketebalan coran adalah standar 12 Cm. Untuk rabat beton ini sedangkan panjangnya adalah 140 meter. “Kami disini tidak menerima uang namun berupa barang melaui proses penunjukan dan penyedia bahan materialnya adalah Toko MJR yang berlokasi di Leuwigajah.”Pungkas Ketua PPM RW 09 Kelurahan Leuwigajah Kecamatan Cimahi Selatan,Kurnia disela-sela pengerjaan rabat beton di RT 12.

Dalam sambutannya Plt.Walikota Cimahi Letkol(Purn.) Ngatiyana,
menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat, dan diungkapkan juga banyak program dari pemerintah yang telah diberikan kepada masyarakat. Diharapkan program tersebut dilaksanakan secara serentak serta bisa bermanfaat bagi masyarakat. Semoga ini bermanfaat walaupun kecil bantuan ini berasal dari APBD yang berasal dari masyarakat namun jangan sampai jadi permasalahan dikemudian hari, anggaran ini merupakan Stimulus atau pancingan sehingga diharapkan dari masyarakat ada swadaya jika akan membangun sesuatu yang besar.”Ungkap Plt.Walikota Cimahi,Ngatiyana.

Dalam sambutannya Plt.Walikota Cimahi Letkol(Purn.) Ngatiyana,
menjelaskan, banyak program dari pemerintah yang telah diberikan kepada kita,semoga ini sampai kepada masyarakat dan dilaksanakan secara serentak serta bisa bermanfaat bagi masyarakat.Yang saya hormati para Ketua RW saya harapkan PPM ini sengaja kita serahkan kepada para Ketua RW, masyarakat atau kelompok masyarakat(Pok.Mas) dalam pelaksanaan kegiatannya,karena kegiatan ini dari mulai perencanaan dan laporannya adalah para Ketua RW dan Masyarakat,sehingga anggaran yang diturunkan oleh
pemerintah atas dasar ajuan perencanaan dari masyarakat ataupun para Ketua RW, sehingga Saya yakin karena perencanaan ini dari bawah sehingga diharapkan akan tepat sasaran pada kegiatan-kegiatan pembangunan di RW nya masing-masing. Jika dulu arahnya Top Down maka sekarang arahnya menjadi Bottom Up yakni perencanaan dan kegiatannya dibuat oleh para RW dan Kelompok Masyarakat sehingga saya yakin nantinya akan tepat sasaran dalam pembangunannya. Saya ingatkan kepada para ketua RW fan Pok.Mas, mari kita kerjakan bersama-sama dan jangan sampai nanti terdapat temuan-temuan Uang yang diserahkan kepada Masyatakat melalui Ketua RW yang besarannya 75 juta, semoga ini bermanfaat walaupun kecil bantuan ini berasal dari APBD yang berasal dari masyarakat namun jangan sampai jadi permasalahan dikemudian hari, nggaran ini merupakan Stimulus atau pancingan sehingga diharapkan dari Masyarakat ada swadaya jika akan membangun sesuatu yang besar, Ungkap Plt.Walikota Cimahi,Ngatiyana.

Achmad.$