Kota Probolinggo Raih 2 Penghargaan Anugerah Nirwasita Tantra 2021

0
403
Malam penganugrahan penghargaan kalpataru dan nirwasita tantra di gedung manggala wanabakti kementrian lingkunhan hidup jakarta (gempurnews.com)

JAKARTA – Kota Probolinggo berhasil mendapatkan dua penghargaan Nirwasita Tantra Tahun 2021. Pertama, penghargaan untuk Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin sebagai Kepala Daerah Kategori Kota Sedang Terbaik III dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Daerah Tahun 2021. Serta, penghargaan untuk Kota Probolinggo sebagai Terbaik III Kriteria Pemerintahan Daerah Kategori Kota Sedang.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Alue Dohong kepada Plh. Wali Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati dalam acara Penganugerahan Penghargaan Kalpataru 2022 dan Nirwasita Tantra 2021, Rabu (20/7) pagi di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Anugerah Nirwasita Tantra ini diberikan untuk pemerintah daerah di tingkat provinsi, kabupaten dan kota atas kepemimpinan dan pemahamannya terhadap isu lingkungan, respon kebijakan kepala daerah dalam menjawab persoalan lingkungan hidup. Serta inovasi dan kepemimpinan kepala daerah dalam merespon persoalan lingkungan hidup.

Dalam sambutannya, Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) KLHK Bambang Supriyanto mengatakan sejak tahun 2016 hingga tahun 2021 telah diterima 1137 usulan penerima penghargaan Nirwasita Tantra. “Dimulai dari tahun 2016 hingga tahun 2021 ini tercatat secara kumulatif sebanyak 1137 usulan penerima penghargaan,” terang Bambang. Dari ribuan usulan itu, 145 usulan berasal dari tingkat provinsi, 691 tingkat kabupaten dan 301 tingkat kota.

Usai menyerahkan piagam penghargaan, Wakil Menteri KLHK Alue Dohong menyampaikan ucapan selamat sekaligus berpesan kepada penerima penghargaan agar terus memotivasi masyarakat lainnya untuk menjaga lingkungan hidup. “Semoga kontribusi yang telah saudara-saudari lakukan dapat terus ditingkatkan, disebarluaskan dan menjadi motivasi di kalangan masyarakat di seluruh Indonesia,” pesannya.

Sementara itu, Plh. Wali Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati mengaku bersyukur atas dua raihan penghargaan Nirwasita Tantra Tahun 2021 untuk wali kota dan Pemerintah Kota Probolinggo. “Kami mengucapkan syukur terima kasih, Alhamdulillah ya Allah, selamat kepada wali kota Probolinggo dan Pemerintah Kota Probolinggo yang mendapatkan penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2021. Kota Probolinggo berkomitmen untuk mempertahankan kesinambungan memelihara lingkungan hidup,” terang Plh. Ninik.

Selain itu, Plh. Ninik juga mengajak masyarakat Kota Probolinggo untuk bersama-sama dengan pemerintah kota menjaga lingkungan hidup. “Kami berharap juga Pemerintah Kota Probolinggo tidak sendiri, Bapak Wali Kota Probolinggo bersama masyarakat menjaga bersama terkait lingkungan hidup dan mempertahankan capaian-capaian yang sudah kita capai saat ini,” tambahnya.

Beserta dengan Kota Probolinggo, Kota Sukabumi dan Kota Madiun juga meraih penghargaan Nirwasita Tantra 2021 untuk Kepala Daerah dan Pemerintahan Daerah pada Kategori Kota Sedang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo Rachmadeta Antariksa mengungkapkan tantangan ke depan dalam pengelolaan lingkungan hidup di Kota Probolinggo.

“Tentunya, tantangan ke depan makin berat dan harus berkelanjutan, karena contohnya, kemarin seperti ketika ada wabah Covid-19, nah pemerintah kota bagaimana menangani pengelolaan lingkungan sejalan dengan wabah, ini pentingnya pengelolaan lingkungan yang mengikuti perkembangan zaman, ketika ada wabah kita mampu mengantisipasi, ketika mungkin ada bencana kita juga mampu mengantisipasi,” beber kadis.

Tampak hadir di acara penganugerahan diantaranya Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Isran Noor, perwakilan DPRD provinsi/ kabupaten/ kota, bupati serta wali kota penerima penghargaan Nirwasita Tantra 2021. (Team)

Editor : dhw_robhin