Warga petani Dusun Bedian Desa Jambesari dapat berkah program P3TGAI

0
522

Gempurnews-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, menggelontorkan anggaran padat karya melalui Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) di tahun 2023, kepada Ratusan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) di Jawa Timur dan salah satunya Desa Jambesari Kecamatan Jambesari Darus Sholah Kabupaten Bondowoso.

Program P3TGAI ini difokuskan pada perbaikan, rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani pemakai air yang dilaksanakan secara swakelola, dengan besaran anggaran Rp 195 juta.

Desa Jambesari Kecamatan JambesariDarus Sholah Kabupaten Bondowoso, Selaku kepala Desa Jambesari Bapak Maltup Al Hidayah Spd,SH,MM yang mendapat kucuran dana P3-TGAI, merealisasikan anggaran tersebut untuk membangun saluran irigasi.

Warga petani di dusun Bedian sangat berterima kasih kepada pemerintah Desa jambesari khususnya kepada Bapak Maltup, dengan adanya pembangunan plensengan dari program P3TGAI,karena selama ini kalau musim hujan air meluber ke jalan akan tetapi setelah bangunan ini selesai INSYAALLAH aman ” papar salah satu petani yang tidak mau di sebutkan namanya”.

M.Ali selaku pengurus P3TGAI TERANG JAYA,bahu membahu bekerja dengan masyarakat perkumpulan petani pemakai air dalam pembangunan plengsengan,kesemuanya pekerjaan dikerjakan secara swakelola.

Sesuai dengan target pencapaian program ini, kami alokasikan untuk membangun plengsengan sepanjangan 260 meter (kanan-kiri). Hal ini kami lakukan untuk melancarkan air irigasi ke sawah-sawah petani seluas15 hektar,capaian pembangunan plengsengan sampai saat ini kisaran 60%,” papar ketua M.Ali”

Program P3TGAI TERANG JAYA ini kesemuanya baik keuangan maupun belanja semua di kalola oleh ketua dan pengurus P3TGAI,dan saya selaku kades hanyalah sebagai penanggung jawab dan pengawas pekerjaan saja ” papar Maltup”.
Lanjut Kades ” MALTUP” Semua pekerjaan dengan berbasis peran serta masyarakat perkumpulan petani pemakai air setempat, selain meningkatkan kualitas irigasi pedesaan, juga mengurangi pengangguran, Program P3-TGAI ini, juga membantu masyarakat dalam hal penghasilan. Mereka yang belum bekerja bisa dipekerjakan untuk membangun saluran irigasi. Jadi, sangat membantu petani dan masyarakat,Tutur Kades Maltup saat di temui awak media gempurnews di ruang kerjanya.

Di samping itu juga dia berharap agar petani sudilah untuk membantu merawat bangunan saluran irigasi bersama-sama, agar bisa terus memberikan manfaat kepada petani dalam mengairi sawahnya,”Imbuhnya”.( ARI).