Home Kalimantan Disdikbudnas Barito Utara. Gelar Kegiatan FLS2N Tahun 2024 

Disdikbudnas Barito Utara. Gelar Kegiatan FLS2N Tahun 2024 

0

BARITO UTARA- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nasional (Disdikbudnas) Kabupaten Barito Utara (Kalteng), menggelar kegiatan Festival lomba seni siswa nasional ( FLS2N), dengan melibatkan peserta dari Sekolah Dasar (SD),  Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) tingkat Barito Utara tahun 2024 yang telah dilangsungkan pada Aula Dinas Pendidikan Barito Utara, Sabtu ( 4/5/2024). 

Hadir pada pembukaan acara Festival seni siswa nasional (FLS2N), Kadis Pendidikan diwakili Seretaris Dinas pendidikan, Sunarti, S. Pd. M. IP, Kepala Bidang Pendidikan beserta Staf, para guru pendamping siswa didik peserta FLS2N.

Ketua Panitia Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Kabupaten Barito Utara, H. Iksanul Agus Wahyudi, SE,  dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SD, MI, SMP dan MTsN tingkat Kabupaten Barito Utara,  tahun 2024, dilaksanakan setiap satu tahun sekali.

“Dikatakan ketua panitia pelaksanaan kegiatan FLS2N ini,  berdasarkan Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Pedoman FLS2N SD, MI,  SMP dan MTs tahun 2024. dengan tujuan menjaring peserta untuk mewakili  Barito Utara, dalam kegiatan FLS2N tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya. 

Waktu Kegiatan FLS2N di mulai dari tanggal 04 sampai dengan 05 Mei 2024, yang tersebar di beberapa tempat sesuai jenis dan cabang lomba, yaitu di Aula Dinas Pendidikan, Aula SKB Muara Teweh dan Aula Dinas Budparpora Barito Utara, “kata Iksanul.

“Ia juga mengatakan,  bahwa cabang yang di perlombakan pada jenjang SD, yaitu menyanyi solo, gambar bercerita, kriya, pantomim dan seni tari. Pada jenjang SMP, yaitu menyanyi solo, pantomim, ansambel campuran, ilustrasi, kreativitas tradisional dan tari kreasi. 

Peserta yang ikut pada kegiatan lomba ini, yakni berjumlah 231 peserta, terdiri dari 131 siswa SD, MI, 100 siswa SMP dan MTs. Bagi peserta lomba yang berhasil mencapai prestasi terbaik pada tingkat Kabupaten, dengan ketentuan sebagai berikut, juara I, II, dan III mendapatkan Piala, Piagam dan Uang Pembinaan serta Harapan I dan II mendapatkan Piagam dan Uang Pembinaan, “jelas ketu panitia. 

Lebih lanjut Iksanul A. Wahyudi mengatakan, tersedianya wadah bagi peserta didik untuk berkreasi dibidang seni, meningkatnya ekspresi seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter yang berbasis budaya bangsa, meningkatnya dan motivasi mengekspresikan kreativitas untuk diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan pada bidang seni, “harapnya.

Perlu kami sampaikan juga,  bahwa 2 peserta terbaik (Juara I dan II) pada masing-masing cabang lomba tingkat kabupaten akan mewakili ke tingkat Propinsi Kalimantan Tengah secara daring mulai dari  tanggal 3 sampai tanggal 6 Juni 2024, “sebutnya. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nasional ( Dissikbudnas) Kabupaten Barito Utara, Syahmiludin A. Surapati dalam sambutannya melalui Sekdis, Sunarti, S. Pd. M. IP menyampaikan sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan menyemarakan kegiatan kesenian dalam pendidikan siwa akan mamapu mengasah kepekaan hati dan nuraninya yang kelak pada akhirnya dapat memperhalus budi pekerti tingkah lakunya. 

“Sunarti dalam hal ini mengatakan, melalui area berkesenian ini, dirinya berharap dapat kegiatan seperti dapat membangkitkan potensi dan talenta didik sebagai warga masyarakat yang mempertunjukan prestasi karya, sekaligus kebanggaan bagi dunia pendidikan Barito Utara. 

Kepada para panitia, dewan juri, saya mengucapkan selamat bekerja, kepada para peserta, kami ucapkan selamat berlomba. Marilah kita junjung sportifitas yang tinggi, raih prestasi junjung budi pekerti.

Sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan menyemarakan kegiatan kesenian dalam pendidikan siswa akan mampu mengasah kepekaan hati dan nuraninya yang kelak, pada akhirnya dapat memperhalus budi pekerti dan tingkah lakunya, “ungkap Sekdis. 

Semangat bangsa, cinta negara, penghargaan prestasi, rumah komunikasi, cinta damai, cinta membaca, peduli lingkungan hidup, peduli sosial dan tanggung jawab adalah nilai- nilai yang tercantum dalam organisasi FL2N yang digelar pada hari ini di Disdik Barito Utara, “kata Sunarti.

“Tujuan diadakan kegiatan FLS2N ini, tidak berlebihan jika dikatakan bahwa FLS2N merupakan salah satu event yang turut  menumbuhkembangkan pendidikan karakter. Beragam lomba dan Festival mengekpresikan nilai- nilai karakter. Guru, pelatih dan berbagai pemangku kepentingan di dunia pendidikan turut andil dalam upaya pembentukan karakter itu, “jelas Sekdis Sunarti. 

Saya yakin dan percaya bahwa dalam penyelenggaraan Festival dan lomba seni siswa nasional FLS2N jenjang SD dan Barito Utara ini akan melahirkan bibit yabg berbobot yang akan menjadi duta Barito Utara, di ajang yang lebih tinggi Yaitu tingkat Provinsi Kalteng, bahkan harapan kita sampai ke tingkat nasional.  

Kegiatan seperti ini, merupakan salah satu wahana yang efektif untuk mengekpresikan kompetensi estetika, sekaligus menumbuhkan nilai- nilai budai pekerti dan nilai kasih sayang dalam melestarikan budaya bangsa di bidang seni dan seni merupakan salah satu unsur kebudayaan dalam mendorong pertumbuhan dan pengembangan berbagai bidang kehidupan, “tutup Sunati mengakhiri sambutan Kadisdik.  (SS) 

WhatsApp us

Exit mobile version