Warga Kampung Baranang Puri Cipageran Indah 1 Cimahi Kembali Gelar Khitanan Massal Ketiga

0
544

KOTA CIMAHI – Jawa Barat, Selasa (20/12/2022) – Warga Kampung Baranang, Puri Cipageran Indah 1, Cimahi dalam waktu dekat siap kembali menggelar kegiatan sosial berupa khitanan massal untuk ketiga kalinya. Rencananya kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama dua hari berturut-turut yaitu pada Sabtu dan Minggu, 24-25 Desember 2022 di Puri Cipageran Indah 1, Blok H6, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi.
Menurut Ketua Panitia Acara Khitanan Massal Kampung Baranang, Didin Saefudin, S.T, M.T., kegiatan tersebut mengusung tema “Dengan Semangat Berbagi Kita Tingkatkan Kesalehan Sosial”.

“Awalnya acara khitanan massal ini hanya sekedar wacana dari obrolan warga di sekitar tempat kami. Namun, akhirnya semakin banyak warga yang mendukung dan obrolan tersebut terus mengkerucut menjadi suatu event yang masuk kategori luar biasa. Alhamdulillah warga kami sudah dua kali menyelenggarakan kegiatan ini yaitu pada tahun 2018 dan 2019 lalu, padahal hanya di lingkungan RT yang menyelenggarakannya,” ungkap Didin.

Selanjutnya Didin menuturkan, berkat perencanaan yang matang dan penuh keyakinan dari warga Kampung Baranang, mereka akhirnya bisa melaksanakan kegiatan khitanan massal tersebut dengan lancar.

“Alhamdulillah banyak support dari berbagai lembaga/perusahaan, baik pemerintahan maupun swasta untuk mensukseskan kegiatan Khitanan Massal tersebut. Kegiatan kami kemas sedemikian rupa dengan sentuhan kearifan lokal sehingga menjadi sarana hiburan bagi warga Cimahi dan sekitarnya. Pada hari pertama, kegiatan berupa hiburan dengan mengangkat kesenian khas Jawa Barat, seperti sisingaan, calung, lengser, arak-arakan delman, dan kaulinan barudak tempoe dulu,” ungkap Didin.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Panitia Acara Khitanan Massal Kampung Baranang, Kuswandi Permana menambahkan bahwa ada hal menarik yang membuat suasana acara tersebut terihat spesial yaitu adanya dekorasi area lokasi juga penuh dengan sentuhan estetika dan memiliki nilai seni yang sangat dalam sehingga suasana kegiatan khitanan masal ini sangat luar biasa auranya.

“Ini sebagai contoh bentuk seni kreativitas dan kebersamaan warga dalam melakukan kegiatan sosial,” ujar Kuswandi yang dikenal juga sebagai salah seorang tokoh budayawan Sunda.

Menurut Kuswandi, kegiatan khitanan massal tersebut juga diisi dengan pesta makanan rakyat berupa sajian keanekaragaman makanan khas Sunda, seperti bandrek, bajigur, ubi rebus, jagung rebus, dan lain-lain. Hal tersebut mampu membawa suasana kembali ke zaman dahulu.

“Pada hari keduanya kegiatan diisi dengan taushiah/tablig akbar,” jelas Kuswandi yang juga sebagai Pengurus Yayasan Kalang Sunda yang bergerak dalam bidang kajian dan penelitian Budaya Sunda.

Didin menambahkan, pihaknya barharap kegiatan sosial ini bisa dilakukan setiap tahun. Namun, karena kondisi pandemi yang terjadi pada tahun 2020 dan 2021 lalu, terpaksa acara terhenti dan tidak dapat diselenggarakan.
“Alhamdulillah pada akhir tahun 2022 ini kondisi pandemi mulai landai. Dengan dukungan seluruh warga di lingkungan RW 24 maka penyelenggaran khitanan masal yang ke-3 ini InsyaAlloh akan segera diselenggarakan kembali dan sudah mendapatkan dukungan juga dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta. Kami akan laksanakan kembali acara khitanan masssal ini pada tanggal 24-25 Desember 2022,” pungkas Didin dengan penuh optimis.

Sementara Kuswandi juga berharap kegiatan yang mereka lakukan bisa menjadi aset berharga dari pemerintahan Kota Cimahi, khususnya Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) dan bisa dimasukkan menjadi agenda wisata tahunan Kota Cimahi .

(Achmad $)
Editor : dhw_robhin