Senapati Nusantara, Usulkan 25 November Sebagai Hari Keris Nasional

0
341

 

JAKARTA Gempurnews.com —
Tak banyak diketahui bahwa Hasto Kristiyanto, selain menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, ternyata juga menjabat sebagai Sekjen Senapati Nusantara, Serikat Nasional Pelestari Tosan Aji (Senapati) Nusantara.

Dia berharap pemerintah segera menetapkan 25 November sebagai Hari Keris Nasional. Hal itu diungkapkannya saat ditemui di Jakarta.

“Kami sudah melakukan dan memberikan kajian akademik kepada pemerintah melalui Menteri Sekretaris Negara, saat ini sedang dalam tahap akhir,” kata Hasto.

Usulan penetapan Hari Keris Nasional itu, diharapkan agar masyarakat tidak mengenal keris hanya sebagai karya seni budaya dan mengenal filsafatnya saja, tetapi juga aspek teknologi yang ada di dalam keris, disamping perhatian generasi muda pun sangat diperlukan untuk mengenal akar budaya Indonesia.

Menurutnya, dengan mempelajari kebudayaan, masyarakat Indonesia akan semakin mengenal jati diri bangsanya. “Hal itu menjadi modal Indonesia untuk melangkah ke depan dengan penuh optimisme,” tutur Hasto.

“Selaras dengan langkah Pemerintah yang sedang memberi perhatian dalam hal sumber daya manusi (SDM), maka tidak akan lepas degan akar kebudayaan kita,” pungkasnya. (**)