RDP Verifikasi Data Penerima BLT-DD Dalam Hearing DPRD

0
175

 

BARITO UTARA — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Barito Utara (Kalteng), menggelar Hearing dengan Dinas Sosial PMD, mengenai maraknya berita Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD)terkait Covid-19 salah sasaran, bertempat di ruang sidang DPRD, Selasa(2/6/20).

Rapat dengar pendapat(RDP) dipimpin dan dibuka Wakil Ketua II DPRD Barito Utara, Sastra Jaya, didampingi gabungan anggota Dewan dari semua Komisi.

Dalam rapat gabungan anggota Dewan itu, dihadiri Asisten I Sekda Barito Utara, Plt.Kadis Sos PMD, Kabid Sosial, Kabid Pemerintah Desa, Pendamping Desa dan Kepala Desa Bukit Sawit.

Beberapa pertanyaan dan penjelasan serta jawaban antara DPRD dan Dinas Sosial PMD Barito Utara, terkait Bantuan langsung tunai Dana Desa (BLT-DD), mengenai data penerima yang salah sasaran itu, akan dievaluasi dan diverifikasi lagi.

Dari hasil penjelasan tanya jawab dalam (RDP) mengenai Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), rapat tersebut mendapat kesimpulan, bahwa data penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa(BLT-DD) agar dievluasi dan diverifikasi lagi, untuk penyalurannya agar lebih baik dan tepat sasaran.

Rumah penerima(BLT-DD) harus ditempelkan Stiker untuk memudahkan petugas dan pendataan final penerima BLT-DD berdasarkan keputusan musyawarah Desa khusus.

Pendataan dan penyaluran batuan baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah Provinsi, BLT dari pemerintah pusat dan BLT-DD agar ditingkatkan pengawasannya dengan melibatkan pihak Kecamatan atau Kamtibmas.

Dalam kesimpulan terakhir ini, yaitu daftar usulan Bantuan Langsung Tunai(BLT) ke tingkat Peovinsi, perlu dikawal oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa(Dinsos PMD), agar tidak keliru lagi saat mengUpload data penerima bantuan. (SS).