Jaga Produktivitas Petani, Cabup Djoko Susanto Siapkan Program Asuransi Gagal Panen

0
486

 

JEMBER – Saat laju sektor lainnya mengalami perlambatan, justru sektor pertanian tetap menunjukkan kinerja yang positif. Bahkan bisa dikatakan sektor pertanian menjadi penyelamat bagi perekonomian Indonesia, saat bangsa ini sedang menghadapi pandemi Covid19.

Hal tersebut diungkapkan Djoko Susanto dihadapan sejumlah petani yang tergabung dalam Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jember pada Kamis malam (13/08/2020) di komplek De Sitinggil Patrang Jember.

Masih menurut Djoko, pertanian memainkan peran penting dalam seluruh kehidupan ekonomi sebuah negara.

“Pertanian dapat dikatakan sebagai tulang punggung sistem ekonomi negara dikarenakan selain menyediakan makanan dan bahan baku, juga menyerap tenaga kerja paling banyak, khususnya di Jember,” papar mantan ketua BPN itu.

Lebih lanjut dia berharap, pertanian bisa menjadi salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia, yang mana juga berperan dalam perluasan lapangan kerja.

Menyikapi pentingnya sektor pertanian, pada masa kepemimpinannya kelak, melalui program kartu Djos Tani, akan menyiapkan asuransi gagal panen bagi petani.

Saat itu, sejumlah perwakilan pengurus HKTI menyampaikan aspirasi dan keluh kesah petani Jember pada dalam beberapa tahun terakhir ini.

Jumantoro, Ketua HKTI Jember mengatakan, mereka butuh pemimpin yang mampu menjawab kebutuhan petani.

“Saatnya petani butuh pemimpin yang peduli dan mengerti kebutuhan petani, bukan pemimpin yang butuh petani hanya untuk kepentingan diri sendiri,” katanya di hadapan Djoko Susanto.

Masih menurutnya, Jember tidak membutuhkan pemimpin yang komitmen untuk petani.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris HKTI Jember, Heru Purnomo menegaskan komitmennya bersama masyarakat tani untuk mendukung dan memenangkan Djoko Susanto sebagai bupati Jember.

“Kita akan buat kontrak sosial antara pak Djoko dengan petani, jika terpilih menjadi bupati Jember,” tegas Heru Purnomo.

Heru juga menambahkan, HKTI akan mengajak seluruh petani, untuk bersama mendukung dan memenangkan Djoko Susanto pada kontestasi pilkada mendatang.

Pada akhir pertemuan, Djoko Susanto menyematkan PIN logo pemenangan kepada Ketua HKTI Jumantoro dan Sekretaris HKTI Heru Purnomo serta diikuti secara bersama oleh pengurus HKTI lainnya. (son)