Plt.Gubernur Kalteng Tinjau Kebun Bawang Merah Didesa Transbangdep

0
12

BARITO UTARA — Plt.Gubernur Kalimantan Tengah,H.Habib Ismail Bin Yahya.secara langsung melakukan kunjungan kerja ke Desa Transbangdep Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara Kalteng, sekaligus peninjauan perkebuanan tanaman bawang dan rehabilitasi jaringan irigasi tersier (RJIT). Optimalisasi lahan serta SERASI(Selamatkan Rawa Sejahtera Petani).

Dalam kegiatan Kunker Plt.Gubernur Kalteng Beserta Rombongan bertolak dari Muara Teweh menuju Desa Transbangdep,didampingi Bupati Barito Utara, H.Nadalsyah, Wakil Bupati, Sugianto P.Putra,SH, Sekretaris Daerah,Ir.H.Jainal Abidin,M.AP bersama Unsur FKPD Barito Utara.Rombongan tersebut telah tiba di lokasi Desa Transbangdep Kecamatan Teweh Selatan,Rabu (21/10/20). 

Plt.Gubernur Kalimantan Tengah,H.Habib Ismail Bin Yahya memberikan apresiasi kepada petani yang berada di Kabupaten Barito Utara,khususnya di Desa Transbangdep Kecamatan Teweh Selatan. Hal tersebut dibuktikan peninjauan tanaman bawang,juga budi daya hewan ternak sapi dan akses keluar masuk air pertanian,diirigasi serta lahan yang langsung disaksikan oleh Plt. Gubernur Kalteng beserta rombongan.

H.Habib Ismail Selaku Plt.Gubernur Kalteng sangat respons dengan langkah yang dilakukan masyarakat tani, yakni bawang yang di tanam, di panen dan tetap di jual dalam daerah Barito Utara.Hal itu juga untuk memotivasi petani agar lebih aktif dan kreatif lagi,mengolah dan memanfaatkan lahan tidur 600 hektar.

Pada saat pertemuan dengan Warga masyarakat Plt.Gubernur akan mengakomodir,usulan kelompok tani dengan menindaklanjuti pembuatan,jalan usaha tani dan akan memberi bantuan alat garap pertainan. Pupuk sebagai modal awal, juga irigasi parit pembuangan air sawah.

Plt.Gubernur juga memerintahkan Pemerintah Daerah Barito Utara,untuk membantu para petani dalam usahanya baik itu penjualan,ataupun bantuan awal pupuk serta bibit untuk tidak segan-segan meminta bantu ke pemerintah setempat untuk keperluan masyarakat tani.

Kepada masyarakat tani di Desa Transbangdep, Bupati Barito Utara menyampaikan dalam kesempatan ini pula agar  masyarakat,tak segan meminta bantuan ke pemerintah Daerah serta masyarakat bisa mengusulankan untuk modal awal supaya kedepannya,bisa berusaha mandiri,juga akan dibantu mesin dan peralatan pertanian.

“Yang penting masyarakat tani di Desa Transbangdep ini,selalu sehat dalam menghadapi segala pekerjaan serta tetap semangat dan selalu giat bekerja,”pesan H. Nadalsyah. (SS).