Kegiatan TMMD Ke-114 Tahun 2022 Berfokus Di Kecamatan Teweh Baru

0
58
TMMD Ke 114 kodim 1013 muara teweh (gempurnews.com)

BARITO UTARA – Upacara kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 114 Komando Distrik Militer (Kodim) 1013 Muara Teweh, dibuka dengan resmi oleh wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra, SH di halaman Sekolah Dasar Negeri (SDN)Jingah III kelurahan Jingah, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara (Kalteng),Selasa (26/7/2022).

Kegiatan TMMD ini merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dan kementerian, lembaga pemerintahan non kementerian, pemerintah daerah dan komponen bangsa lainnya yang diprioritaskan pada daerah pedesaan yang tergolong sebagai daerah miskin dan tertinggal, terpencil serta terisolir, perbatasan antara pulau terluar. Di Kabupaten Barito Utara. 

Titik fokus kegiatan berada dalam wilayah Kodim 1013 Muara Teweh, yang akan dilaksanakan di Kecamatan Teweh Baru selama 30 hari di mulai tanggal 26 juli sampai dengan 24 Agustus 2022 mendatang. 

Pelaksanaan TMMD dengan tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI”. Upacara kegiatan itu dihadiri oleh Sekda, unsur FKPD, Kepala Perangkat Daerah, Tripika Kecamatan Teweh Baru, Tokoh masyarakat dan Tokoh Agama.

Dalam sambutan Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah yang disampaikan melalui Wakilnya, Sugianto Panala Putra,dijelaskan bahwa TMMD merupakan bentuk kepedulian TNI dalam percepatan pembangunan untuk memberdayakan masyarakat, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkesinambungan dan berkelanjutan agar tercipta dan terbina kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam rangka ketahanan nasional. 

“Selain itu, TMMD bertujuan membantu pemerintah daerah dalam menciptakan suasana kondusif bagi terwujudnya stabilitas keamanan,dalam negeri yang dilaksanakan melalui pembangunan sasaran fisik maupun non fisik,” kata Sugianto. 

Sasaran fisik yang dilaksanakan pada program TMMD yakni pembukaan badan jalan baru dari jalan Nasional kilo meter (KM) 12 sampai dengan ruas jalan Muara Teweh-Trinsing, dengan panjang 6 km dan lebar 10 m).

Serta dibangun pula pembuatan TPA Musholla As-Salam (24 m²) dan pembangunan 1 buah Pos Kamling (12 m²). Sedangkan sasaran non fisik berupa penyuluhan yang akan dilaksanakan di Kecamatan Teweh Baru. 

“Dengan kegiatan tersebut diharapkan dapat mendorong laju tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat desa, guna meningkatkan kualitas hidup dalam membangun daerahnya sendiri menuju kehidupan sosial yang lebih maju, sejahtera dan mandiri.  
 
Disamping itu pula,TMMD tidak hanya bersifat seremoni, akan tetapi pelaksanaannya harus benar-benar bermanfaat bagi kehidupan masyarakat kedepannya,” tutup Wabup Sugianto. (SS)

Editor : dhw_robhin