Silaturahmi Diskominfo – Pengadilan Negeri Bahas Rencana Kerja Sama

0
35
Ketua PN Probolinggo Yusti Cinianus Radjah dan kadis kominfo kota proling Pujo Agung Satrio (gempurnews.com)

PROBOLINGGO – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Probolinggo Pujo Agung Satrio bertemu dengan Ketua Pengadilan Negeri Probolinggo Yusti Cinianus Radjah, Kamis (4/8). Pertemuan tersebut membahas tentang rencana kerja sama antara dua instansi dalam berbagai hal.

Kehadiran Kepala Diskominfo pun disambut hangat oleh Ketua PN Yusti di ruang kerjanya. Katanya, ia sudah menyampaikan kepada wali kota untuk sowan ke beberapa perangkat daerah di Pemkot Probolinggo. “Terima kasih atas bantuan Kominfo selama ini, karena kami sudah banyak dibantu,” katanya.

Yusti menegaskan, hal-hal yang diinginkan oleh institusinya adalah merubah paradigma Pengadilan Negeri sebagai menara gading yang bisa dilihat. Namun membuat orang ketakutan. Banyak fakta penelitian yang membuat PN menjadi negatif.

“Instruksi pimpinan adalah bagaimana merubah stigma tersebut. Kami berusaha sedikit banyak masyarakat tahu pengadilan ada untuk melayani masyarakat. Penyelesaian perdata kami selesaikan dengan perdamaian. Memang disini (PN) tidak disukai masyarakat karena mereka berperkara,” jelas ketua PN yang baru menjabat sekitar dua bulan lalu ini.

Kepala Diskominfo mengungkapkan, silaturahmi ini menindaklanjuti MoU antara PN dengan Pemerintah Kota Probolinggo pada Oktober 2021. Kerja sama “Laut Tera” merupakan layanan publik PN untuk memudahkan masyarakat melakukan pengurusan surat keterangan elektronik. Atas dasar itulah pemkot dapat bekerja sama dengan PN melalui perangkat daerah terkait, salah satunya Diskominfo.

“Diskominfo bisa melakukan perjanjian kerja sama (PKS) dengan PN. Kami siap bersinergi. Kami punya radio, media sosial, website dan kegiatan lainnya. Intinya, saya mengajak teman-teman agar bisa langsung mendengarkan banyak hal-hal di PN yang layanannya dapat kami bantu menginformasikan kepada masyarakat,” tutur Pujo.

Dari pertemuan tersebut, disepakati akan disusun PKS dan memulai kerja sama antara kedua belah pihak. “Prinsipnya kami siap kolaborasi. Kita buat PKS untuk melanjutkan kegiatan-kegiatan yang dikerjasamakan,” tegas Pujo.

“Kami menyambut baik, segera tindak lanjut PKS-nya. Karena saya tidak mau kehilangan momen. Tidak harus PN (yang dibantu) tapi Kominfo juga bisa kami bantu. Misalnya ada konten video pemkot diputar disini, orang yang menunggu sidak bisa melihat,” imbuh Yusti yang pagi itu didampingi humas dan panitera PN. (Kominfo)

Editor : dhw_robhin