Wani Gosong Terjun Bersihkan Sungai Bulak Klakah

0
143

Komunitas Petani dan Peternak Mandiri “Wani Gosong” Desa Jarit Kecamatan Candipuro yang nota bene dalam binaan DPC HKTI Lumajang hari ini Minggu 22 Januari 2023 berinisiatif mengajak masyarakat dusun bulak klakah untuk membersihkan sungai di lingkungannya yang sudah kotor oleh sampah dan juga banyaknya sedimentasi yang menghambat aliran air dan menurunkan kapasitas DAM yang ada.
Ratusan warga dusun tersebut ikut aktif bergerak bersama membersihkan sungai di lingkungannya dengan tujuan agar sungai yang ada berfungsi normal dan sedap dipandang mata, antusiasme masyarakat tergambar jelas, bahkan BABINSA Desa tersebut juga ikut aktif berbaur dengan masyarakat untuk menormalisasi sungai dengan cara mengangkat sedimen lumpur yang menghalangi aliran, proses ini dilakukan secara manual dan bergotong royong.

Kordinator aksi basuki menyatakan bahwa ini adalah sebuah awal kegiatan kami yang melibatkan masyarakat berperan aktif, karena tanpa peran masyarakat kegiatan ini akan tidak berdampak, di sekitar aliran sungai akan kami tanam bibit lombok, kacang panjang, tomat, terong dan sayuran lain yang mempunyai nilai manfaat untuk ketahanan pangan masyarakat, dan di sekitar sungai ini juga akan kami tata sedemikian rupa sehingga masyarakat akan nyaman berinteraksi dan belajar merawat tanaman nya masing-masing.
Kami akan memberikan pupuk organik dan bibit gratis pada masyarakat juga mengedukasi untuk merawat tanaman, sebagai kompensasinya masyarakat berkewajiban untuk menampung air cucian beras (leri) dan di berikan pada kami, selanjutnya leri tersebut akan kami jadikan pupuk organik cair lewat proses fermentasi.

Ali sujarwo menambahkan bahwa visi besar kami mewujudkan Desa Jarit sebagai Desa Pertanian Ramah Lingkungan sehingga kita bisa mandiri pupuk, mandiri pestisida, mandiri bibit, mandiri pengendalian jamur, menciptakan pasar produk pertanian ramah lingkungan dan menciptakan inovasi bidang pertanian yang murah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di alam serta pengolahan limbah peternakan untuk meningkatkan kesuburan tanah. Kami berharap nantinya Desa Jarit sebagai tempat belajar bertani ramah lingkungan.

Tampak dalam kegiatan ini mahasiswa dari GMNI yang memiliki kegiatan kemah bhakti alam sebagai sarana edukasi berbarengan dengan giat ini, sehingga mereka bergerak bersama masyarakat (Mandar ER)