PHDI Kabupaten Malang Lakukan Caka Warsa 1940 Menjelang Hari Raya Nyepi Tahun 2018

0
408

Gempur News – Indonesia – Propinsi Jawa-Timur – Kabupaten Malang. KABAR DAERAH. Bertempat di Pure Kahyangan Amertha Jati Pantai wisata Balekambang Desa Srigonco Kecamatan Bantur Kabupaten Malang telah dilaksanakan giat upacara pesembayangan Jalanidhi puja /Melasti ( Perayaa hari raya nyepi Caka Warsa 1940 tahun 2018 ) yang diselenggarakan oleh PHDI Kabupaten.

Kegiatan ini diikuti oleh Umat Hindu Se Malang raya , dengan mengambil tema ” Melalui Catur Brata Penyepian Kita Tingkatkan Solidaritas Sebagai Perekat Keberagaman Dalam Menjaga Keutuhan NKRI”.

Hadir dalam giat tersebut antara lain Ketua DPR RI Komisi XI Andreas Edi Susetyo, Kadis Budpar Kab Malang I Made Arya W, Direktur usaha PD Jasa Yasa Kabupaten Malang Muh. Nuh, Ketua PHDI Prop Jatim Wedata Brata, Muspika Kecamatan Bantur, Perum Perhutani Kabupaten Malang diwakili KRPH Sumbermanjing kulon, Kades Srigonco, Ketua PHDI Kab Malang Sutomo Adi W, Ketua PHDI Kota Malang DR Putu Moda Arsana, Ketua PHDI Kota Batu Pariyanto, Pandita Singgih Nirmala T, dan para pemangku Pure Se Malang raya .

Panitia penyelenggara Agung Budiono dalam sambutannya mengatakan tujuan persembayangan ini adalah untuk mensucikan diri menjelang perayaan nyepi, apabila ada salah dan kurang dalam penyajian mohon maaf .

Ketua PHDI Kabupaten Malang juga dalam sambutannya menyampaikan upacara Jalanidhi puja adalah merupakan rangkaian penyucian umat hindu jelang Nyepi. Antusias umat hindu terkait dengan upacara kali ini sangat besar sekali terbukti dengan meningkatnya jumlah persembahanjolen sebanyak 47 buah, tuturnya.

Pada kesempatan tersebut Ketua DPR RI Prop Jatim Komisi XI Andreas Edi Susetyo, Sangat apresiasi kepada umat hindu turut serta menjaga persatuan ditengah keberagaman agama. Harapannya semoga dengan acara ini kita bisa jaga keharmonisan antara suku bangsa

Kabudpar Kabupaten Malang I Made Arya W, membacakan sambutan Bupati Malang terkait dengan upacara persembayangan Jalanidhi puja (Perayaan hari raya nyepi).

Setelah membacakan sambutan Bupati Malang, acara dilanjutkan dengan ‎penyerahan tali asih oleh Kabudpar Kabupaten Malang didampingi oleh Ketua Panitia Agung Budiono kepada Ketua PHDI Kabupaten Malang .

Kemudian dirangkai dengan persembayangan yang di pimpin Pandita Singgih T.N dan diikuti seluruh umat Hindu se – Malang raya serta diteruskan ‎Larung Jolen /sesaji ke laut Pantai wisata Balekambang

Dalam kegiatan tersebut diikuti sekitar kurang lebih 5.000 orang umat hindu Se Malang raya. Dan memperoleh pengamanan dari personil, Polri 11 personil, dari Koramil 0818/12 Bantur 4 orang, dan Pam swaskarsa /Pecalang 30 orang.(EKO)