Penuhi Pangan Sehat, Walikota Cimahi Canangkan Gemarikan

0
313

 

Cimahi – Dalam acara “Gerakan makan ikan nasional” Disingkat Gemarikan, Pemerintah Kota Cimahi mengundang siswa siswi Sekolah dasar se-kota Cimahi untuk meramaikan acara tersebut.
Acara yang di buka oleh Walikota Cimahi itu diramaikan juga oleh penampilan superhero bertemakan ikan.

Diharapkan ke depan nya semua dibiasakan mengkonsumsi ikan karena banyak manfaat yg ada pada ikan.
Walikota Cimahi, Ir. H. Ajay Muhammad Priatna M.M. juga mengatakan bahwa Ikan sangat bermanfaat untuk manusia terutama anak-anak sehingga masyarakat khususnya anak-anak perlu didorong untuk gemar makan ikan. “Ikan merupakan bahan pangan sehat yang bergizi tinggi, mengandung omega 3 yang cukup baik bagi kecerdasan dan mampu mengisi kebutuhan gizi anak selama golden period atau 1.000 Hari Pertama Kehidupan, termasuk, sangat baik bagi ibu pada periode persiapan kehamilan, masa kehamilan, hingga memberikan ASI” kata walikota.
Lebih lanjut Walikota berharap agar melalui berbagai kegiatan Gemarikan akan terbangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan.
“Apabila anak-anak kita gemar makan ikan, diharapkan generasi kedepan akan menjadi pemimpin-pemimpin yang cerdas, mandiri, dan tangguh dalam menghadapi tantangan” tambah Walikota.
Untuk itu, Walikota terus mengupayakan agar masyarakat Cimahi semakin gemar mengkonsumsi ikan air tawar, apapun jenis ikan tersebut. “Ikan bukan barang mahal dan bukan barang mewah dan sangat mudah mendapatkannya.apalagi di Kabupaten Banyumas yang banyak air dan daerahnya cocok untuk budidaya” katanya.
“Untuk itu diperlukan berbagai upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat melalui kegiatan gemar makan ikan yang dilaksanakan saat ini” katanya.
Presiden kita telah mencanangkan Indonesia menjadi Poros Maritim. Untuk itu diperlukan kerja keras untuk memacu tingkat konsumsi ikan masyarakat. “Kita harus meningkatan produktivistas petani ikan dan menggerakan rumah tangga untuk memprioritaskan menu ikan pada makanan sehari-hari,” lanjut Walikota. (Achmad Syafei)