Festival Seni Budaya Tingkat Pelajar Resmi Dibuka Staf Ahli Bupati Barito Utara

0
366

 

Barito Utara.Gempurnews.com-Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga(Disbudparpora)Kabupaten Barito Utara, menyelenggarkan Seleksi Festival Seni Budaya Tingkat Pelajar, diikuti pelajar dari sembilan Kecamatan se-Barito Utara, dilaksanakan di Aula Dinas Budparpora,Sabtu(22/2/20).

Hadir dalam acara pembukaan Festival itu, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan, Drs.Ledianto, Sekdis PUPR, Ketua Panitia Festival, Kepala Sekolah se-Barito Utara dan peserta seleksi.

Staf Ahli Bupati Drs.Ledianto menyampaikan sambutan Bupati Barito Utara bahwa, kegiatan lomba dilaksanakan merupakan sebuah uapaya oleh Pemerintah Barito Utara, dalam memberikan perhatian yang berkesinambungan, terhadap peningkatan pelestarian kebudayan daerah dikalangan generasi muda.

Bupati Barut melalui Staf Ahli Bupati, mengharapkan para pelajar dapat mengembangkan potensi diri, dibidang seni dan budaya sehingga menumbuh kembangkan karakter yang positif.

Lebih lanjut ia jelaskan bahwa, kebudayaan merupakan investasi di masa depan, dalam membangun peradaban bangsa.

Akar budaya dan tradisi di Indonesia, harus dilestarikan ditengah kemajuan jaman, yang kemungkinan besar akan mengikis keberadaan seni budaya dan kearifan lokal.

Menurut Ledianto, kebudayaan yang berkembang di Kalimantan Tengah, termasuk di Kabupaten Barito Utara adalah budaya pedalaman dan pesisir, dimana keduanya memiliki perbedaan dalam khasanah adat sehari-hari mulai dari tari-tarian, lagu tradisional.

“upacara adat keyakinan dan kehidupan sosial kemasyarakatan yang berkembang,juga berbeda namun,karena Bhineka Tunggal Ika lah yang menjadikan perbedaan itu sebagai hal yang unik, menjadikan kekuatan persatuan dan kesatuan di Indonesia.khususnya di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan Barito Utara,” ujar Ledianto.

Sementara disela-sela acara pembukaan Festival itu Plt.Kepala Dinas Budparpora Barito Utara Hj.Annisa Cahyawati mengatakan dalam kegiatan seleksi festival seni budaya pelajar tingkat Kabupaten Barito Utara, dilaksanakan seleksi dalam beberapa cabang perlombaan,antara lain lomba tari pedalaman, pesisir, lomba lukis legenda, lomba lukis ornamen, lomba mengayam tikar purun, lomba solo vokal dan gitar.

Dia juga menyebutkan peserta yang mengikuti Festival ini, berasal dari siswa-siswi dan pelajar dari Sembilan Kecamatan di Kabupaten Barito Utara. (SS).