Fadjroel ; Kepergian Jakob Oetama, Duka Bagi Dunia Pers Indonesia

0
19

 

JAKARTA – Istana Negara Kepresidenan turut menyampaikan ucapan duka cita atas meninggalnya tokoh pers Indonesia, Jakob Oetama, Rabu 9 September 2020.

Juru Bicara Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman menyatakan, sosok Jakob Oetama merupakan mercusuar pers Indonesia atas jasa-jasanya dalam mengawal demokrasi. “Kepergian Jakob Oetama, kata Fadjroel, menjadi duka bagi dunia pers Indonesia,” kata Fadjroel.

Lebih Lanjut, Fadjroel menilai Jakob Oetama sebagai sosok yang mudah bergaul dengan semua kalangan, setia terhadap prinsip-prinsip jurnalistik, kebhinekaan, kemanusiaan dan kerakyatan.

“Tokoh yang lengkap sebagai wartawan, intelektual, akademisi, dan pengusaha. Beliau adalah sosok yang tak pernah berhenti untuk menyempurnakan diri sebagai manusia Indonesia, untuk menjadi Indonesia,” tulis Fadjroel dalam keterangan resmi Istana Negara yang diterima Redaksi PRFM, Rabu 9 September 2020 malam.

Dalam satu kesempatan pertemuan, Fadjroel mengenang pendiri Kompas Gramedia Grup itu sebagai sosok rendah hati dan pantas untuk menjadi teladan.

“Gagasan selalu punya kaki dalam sejarah. Kaum terpelajar memiliki kewajiban memenuhi panggilan sejarah untuk mencerdaskan dan mensejahterakan kehidupan bangsanya, berjuang untuk demokrasi dan dengan cara-cara demokratis,” kenang Fadjroel tentang sebuah percakapan bersama Jakob Oetama.***