KPHP Barhul Unit V Laksanakan Pembinaan Industri Rakyat

0
335

BARITO UTARA -Balai Pengelolaan Hutan Produksi(BPHP) Wilayah X Palangka Raya bekerjasama dengan Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Barito Hulu Unit V, Kabupaten Barito Utara, melaksanakan kegiatan pembinaan industri rakyat Klasterisasi Industri Hasil Hutan Bukan Kayu(HHBK), kegiatan yang dimaksud telah dilangsungkan pada Aula BappedaLitbang Muara Teweh, Selasa (20/10/20).

Kegiatan yang tersebut dihadiri narasumber dari Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kalteng, Balai Pemanfaatan Hutan Produksi Wilayah X Palangka Raya dan KPHP Barito Hulu dan diikuti 30 orang peserta dari HKM Erai Pakat Teweh Timur, KTH Maka Asi Teweh Baru, KTH Bambureb Jaya Lestari Teweh Baru, KTH Bantaian Lestari Teweh Baru dan Koperasi Rimbawan Teweh Tengah.

KPHP Barito Hulu Unit V, Rudi Candra Utama,S.Hut mengatakan kegiatan pembinaan industri rakyat Klasterisasi Industri Hasil Hutan Bukan Kayu(HHBK). Dimaksudkan dalam rangka memberikan, pemahaman dan arah kebijakan serta pengembangan HHBK, kepada pelaku usaha yaitu pihak masyarakat yang mengembangkan HHBK di Barito Utara.

Kegiatan Klasterisasi ini tujuannya adalah, tergalinya potensi daerah dalam pengembangan HHBK sebagai alternatif pangan sumber bahan obat-obatan, penghasil getah-getahan dan HHBK lainnya, Kemudian mendukung kebijakan nasional dalam mengembangkan peningkatan produksi HHBK.

“Dan yang utamanya adalah diperolehnya klasterisasi HHBK ditingkat unit kesatuan pengelolaan hutan (KPH) yang dapat didorong pengembangannya dimasa yang akan datang,”kata Rudi Candra Utama.

Dikatakan Rudi Candra, untuk penerima manfaat kegiatan yang prioritasnya adalah masyarakat sekitar areal KPH yang diterima manfaat secara langsung dan tidak langsung 

Sementara, mewakili Kepala Dinas Perindistrian dan Perdagangan (Disperindag)Provinsi Kalteng, Penyuluh Disperindag Kalteng Vina, mengatakan terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan ini, pihaknya akan menekankan terkait dengan perizinan.

“Dalam kegiatan ini kami dari pihak Disperindag Kalteng, lebih menekankan dalam hal perizinan, materi yang akan disampaikan nantinya untuk peningkatan kualitas produk IKM ataupun UKM,” kata Vina.  (SS).