Air Laut Pasang, Terjang Perahu Nelayan di Pesisir Pantai Kenjeran

0
11

SURABAYA – Perahu nelayan di pesisir pantai Kenjeran, Surabaya, disapu air laut pasang saat banjir rob menghantam kawasan tersebut, tepatnya di Kecamatan Kenjeran, Rabu (11/11/2020) malam.

Sebanyak 120 perahu yang ditambatkan, kurang lebih 40 perahu milik nelayan rusak hingga tenggelam akibat terjangan air laut pasang.

Ketinggian air laut di Selat Madura itu mencapai 1,5 meter hingga 2,5 meter. Sementara arah angin dari timur menuju tenggara dengan kecepatan 26 kilometer per jam.

Hali itu sebagaimana dikatakan Kepala BPB Linmas Kota Surabaya, Irvan Widyanto saat dikonfirmasi media pada Kamis (12/11/2020).

“Berdasar keterangan dari salah satu nelayan di lokasi, banjir rob terjadi pada Rabu (11/11/2020) pukul 21.00 WIB, atau tadi malam,” kata Irvan.

Menurut Irvan, air laut pasang itu nyaris masuk ke permukiman warga di kawasan pesisir Kenjeran, Surabaya.

Akibat kejadian itu, sebagian perahu para nelayan yang parkir di bibir pantai Kenjeran, tenggelam dan peralatannya hilang, lalu mereka segera memberi tahu petugas untuk melakukan evakuasi.

“Saat ini, perahu nelayan yang tenggelam dan rusak sudah dievakuasi ke bibir pantai. Total keseluruhan unit perahu yang berada di pantai berjumlah 120 unit,” kata Irvan.

“Sebagian perahu yang sudah di atas (bibir pantai) masih dalam tahap perbaikan,” ujar Irvan lebih lanjut.

Sementara petugas yang berada di lokasi banjir rob di antaranya dari BPB dan Linmas, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Pemadam Kebakaran, DPUBMP, DKRTH, Posko Terpadu Kedung Cowek, petugas Piket Taman Suroboyo, Kasatgas Kelurahan Bulak, dan Polsek Kenjeran Surabaya. (birosurabaya)