Disdagkoperin UMKM Kota Cimahi Prakarsai Lomba Kuliner Tingkat Kelurahan

0
8

CIMAHI – Lomba Keterampilan Tekhnis Usaha Mikro Bidang Kuliner Tingkat Kelurahan Dan Kota Cimahi Tahun 2020, bertempat di Aula Kantor Kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan, Kamis (19/11/2020).

Acara yang di Prakarsai oleh Disdagkoperin UMKM Kota Cimahi ini, diikuti oleh para Penggiat UMKM di tiap RW yang ada di Kelurahan Melong. Tak kurang dari 21 peserta ikut berpartisifasi dalam kegiatan tersebut.

Staf dari Disdagkoperin dan UMKM Kota Cimahi, yang di wakili oleh salah seorang Kasie, Bapak Mochamad Amin, menjelaskan terkait kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian Program Pemulihan Ekonomi yang diterjemahkan dalam Kegiatan Lomba Inovasi CSBI,” kata Amin.

“Kemudian, pelatihan-pelatihan di Kelurahan, selanjutnya Lomba-lomba di tingkat kelurahan yang nanti akan di Kompetisikan ke tingkat Kota,” terangnya.

“Para peserta ini berangkat dari lingkup RW, kemudian di kompetisikan sampai ke tingkat Kelurahan, nanti yang juara-juara Ke-1 nya dikompetisikan di tingkat Kota,” lanjutnya.

“Adapun anggaran yang digunakan berasal dari DID sebesar 2,4 Milyar untuk pemulihan ekonom,” tutur Amin lebih lanjut.

Amin mengungkapkan bahwa semangat DID itu tujuannya untuk memberdayakan baik peserta kulinernya, pelaku UKM fashionnya kemudian stake holder yang dilibatkan dari lokal juga yakni dari Cimahi.

Ia menambahkan, semangat yang ingin diambil dari kompetisi ini sesungguhnya agar bisa menemukan potensi-potensi produk kreatif yang ada di wilayah, yang mungkin tidak terjangkau oleh mata dan telinga dinas.

Dinyatakan, acara seperti ini boleh jadi ada banyak mutiara-mutiara pelaku ekonomi kreatif yang terpendam. Ketika dikompetisikan bisa ketahui bahwa ternyata kekayaan ekonomi kreatif yang ada di wilayah itu cukup beragam.

“Ending dari kegiatan ini bukan cuma sekedar mendapatkan hadiah, namun menjadikan hadiah itu stimulan untuk modal usaha bersama untuk usaha mereka”. Terang Mochamad Amin. (sya)