Gligir Pasang, Perkampungan Kecil Yang Tersembunyi

0
14

KLATEN – Gligir Pasang, merupakan perkampungan yang terpisah dan terisolir dari perkampungan lainnya, berada di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Sebuah Desa yang lebih dikenal dengan nama Gir Pasang, memiliki medan berat naik turun menuju perkampungan Gligir Pasang, berhadapan pada sebuah jurang yang curam dengan jalan setapak yang membelahnya.

Sebagian jalan setapak yang telah mengeras oleh semen dengan dibuatkan tangga dan sebagian lainnya masih berupa tanah, menjadikan jalur ini sebagai jalan untuk mencapai perkampungan Gligir Pasang tersebut.
Jalannya naik turun jurang sejauh kurang lebih dua setengah kilometer menuju desa Gir Pasang, ada pula jalan lain tetapi medannya lebih berat, yakni melalui wilayah Taman Nasional Gunung Merapi. Hanya berjarak kurang lebih lima kilometer dari Puncak Merapi.

Jika beruntung, saat meniti satu persatu anak tangga menuju ke perkampungan Gligir Pasang, kadang terlihat kawanan monyet ekor panjang mencari makan.

Memang, wilayah yang berada di perbatasan antara Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah ini menyimpan beragam kekayaan. Mulai dari kekayaan alam hingga beragam kekayaan sosial budaya, serta kearifan lokal (tim).