Biarlah Hujan Turun Membasahi Bumi Asal Jangan Banjir

0
1042

LUMAJANG – Biarlah hujan turun membasahi bumi, sebab hujan adalah bentuk rahmat dari Allah SWT yang patut disyukuri. Ada banyak manfaat yang dapat dirasakan bagi makhluk hidup yang ada di bumi.

Walaupun hujan terus mengguyur di hampir seluruh wilayah Kabupaten Lumajang dari sore hingga malam hari, biarlah sudah. Bukankah hari ini sudah memasuki musim penghujan?

Sebagaimana kemarin itu, sudah biasa hujan dikata menjadi penyebab Gunung Semeru mengeluarkan guguran awan panas. Seperti biasa Lumajang dan sekitarnya tergenang air. Namun, memang tidak biasa jika hujan dianggap menjadi penyebab robohnya pohon beringin di tengah alun alun.

Mungkin sudah seharusnya dalam keadaan seperti ini, warga Lumajang tidak memaknai peristiwa tersebut dikaitkan dengan pertanda macam macam. Mungkin yang terbaik untuk dilakukan adalah berdoa kepada Allah SWT, memohon agar hujan tidak merusak.

Sebab, di dalam doa seperti itu, bukan tidak mungkin terselip harapan, agar hujan tidak terlalu lebat atau hujan segera berhenti dan tidak merusak alam, atau tidak mengobrak abrik tanaman dan bangunan, melainkan bermanfaat untuk alam sekitarnya.

Lafal doa yang bisa dipanjatkan agar hujan segera berhenti dan tidak merusak sesuai dengan hadist riwayat Bukhari dan Muslim.

Bismilahirrahmanirrahim
Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan yang untuk merusak kami. Ya Allah, turukan lah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.

Sedangkan doa yang dapat dilafalkan untuk terhindar dari musibah, seperti yang diriwayatkan dalam hadist Abu Daud dan juga Tirmidzi dari Utsman bin Affan ra.

Bismillahirrahmanirrahim

Bismillahilladzi la yadhurru ma’asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwassami’ul ‘alim.

Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Itulah doa yang dapat kita panjatkan agar hujan segera berhenti dan terhindar dari bencana. Semoga bermanfaat. Aamiin. (duk)