Perkuat Silaturahmi, Alumni 2016 PAC IPNU – IPPNU Rembang Gelar Buka Bersama

0
41

PASURUAN – Silaturahmi merupakan salah satu amalan umat muslim untuk menyambung tali persaudaraan.

Secara syariat, silaturahmi juga merupakan amalan utama karena mampu menyambungkan apa-apa yang putus. Oleh karena itu, silaturahmi memiliki keutamaan atau manfaat yang luar biasa.

Sebab itulah Alumni 2016 PAC IPNU – IPPNU Rembang Kabupaten Pasuruan senantiasa menjaga tali silaturahmi dalam setiap kesempatan.

Pada Ramadhan 1442 H kali ini, berlokasi di Waroeng Mangga Alpukat yang berada di Desa Oro-oro Ombo Kulon Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan Alumni 2016 PAC IPNU – IPPNU menggelar buka bersama yang bertujuan untuk mempererat jalinan silaturahmi pada Selasa (4/5/2021).

Diungkapkan Slamet, selaku koordinator acara, banyak sekali manfaat dari kuatnya tali silaturahmi.

Manfaat silaturahmi yang pertama, kata Slamet, dapat memperpanjang umur dan melapangkan rezeki.

“Seseorang yang senantiasa menjaga tali silaturahmi maka Allah akan melapangkan rezeki dan memperpanjang umurnya,” jelasnya.

Lantas dia juga mengutip Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim yang menyebutkan Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi.

Menjalin silaturahmi dengan sesama juga menjadi salah satu sarana kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Saat kita mau menyambung silaturahmi dan memperlakukan manusia dengan baik, berarti kita telah menjalankan perintah Allah SWT,” terang Slamet.

Dia menambahkan, selain dapat mendekatkan diri dengan Allah SWT, silaturahmi juga dapat menjaga kerukunan dan keharmonisan dengan sesama.

“Momentum saling memaafkan saat bersilaturahmi dapat membuat hubungan menjadi rukun. Karena setiap manusia tidak akan pernah lepas dari kesalahan dan dosa, sehingga sudah barang tentu seseorang akan minta maaf dan saling memaafkan,” pungkas Slamet. (qomar)