Penyerahan Hadiah Pemenang Lomba Melukis Work From Home

0
101

CIMAHI – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Cimahi ke-20 yang jatuh pada Senin 21 Juni 2021 yang lalu, seluruh kegiatan berkait dengan elemen masyarakat dipastikan berlangsung sederhana. Mengingat saat ini lonjakan terpaparnya masyarakat dengan pandemi Covid-19 semakin meningkat.

Dalam hal ini, Ketua Komite Seni Rupa Dewan Kebudayaan Kota Cimahi  (KSR -DKKC) Deden Maulana mengatakan, kegiatan yang telah diselenggarakan dalam Lomba Melukis Di Rumah dengan model Work From Home (WFH) berjalan dengan lancar dan baik.

“Alkhamdulillah kegiatan lomba berjalan lancar. Peserta lomba ini diikuti para pelajar tingkat pendidikan menengah dan atas yakni SMP dan SMU di Kota Cimahi dan sekitarnya.” Kata Deden, Minggu (01/08/2021).

Deden menyampaikan bahwa maksud dari kegiatan lomba ini, untuk tetap menumbuhkan rasa semangat belajar, semangat berkresi serta inovasi pada diri pelajar walaupun dilaksanakan dengan cara dikerjakan di rumah saja.

“Selain itu, tujuan lomba yang telah diselenggarakan pada tanggal 28 Juni sampai dengan 11 Juli 2021 juga untuk melihat minat dan bakat para pelajar, agar dikemudian hari dapat terlihat talenta kepemudaan dalam bidang seni rupa dan desain pada umumnya.” Terangnya.

Deden menambahkan, pada kegiatan lomba yang mengusung tema ” LAWAN COVID 19 DI KOTA CIMAHI” ini, bagaimana para pelajar dapat menginspirasi setiap ide gagasan ke dalam bentuk visual yang kreatif dan bermakna sebagai pesan atau himbauan pada masa pandemi.

“Peserta dipersilahkan secara “merdeka” mengungkapkan dengan cara atau teknik melukis yang dikuasai sesuai tingkatannya.” Terangnya.

Lomba yang telah dilaksanakan pada waktu tersebut, dewan Juri telah memutuskan serta menetapkan para pemenang lomba yakni Nindhita Marsyanda Ramadhani sebagai juara 1, jara ke 2 diraih oleh Muhammad Arya Satya Isnaini, sedangkan juara ke 3 diraih oleh Ken Syahrani Braja.

Dewan Juri yang terdiri dari Nur Libiana Ma’ruf, Erni Serigar, Bahar Malaka dan Agus Hamdani telah menyeleksi karya lukis menjadi 25 karya terbaik, selanjutnya dipilih untuk juara 1, 2 dan 3.

Dalam kesempatan itu sekretaris KSRKC Achmad Kusnadi menuturkan, bagi para pemenang diberikan hadiah uang pembinaan, plakat dan sertifikat yang berbeda nominalnya.

“Namun untuk para peserta yang belum mendapat kesempatan diberikan juga sertifikat dan cinderamata.” Tuturnya.

Menurutnya, panitia lomba menilai para peserta sangat antusias pada kegiatan lomba tersebut, walaupun dilakukan dengan cara Work From Home (WFH) yang juga disertakan rekaman video pendek dengan menggunakan ponsel masing-masing di rumah peserta.

Selanjutnya, panitia telah menayangkan seluruh karya dengan cara eksibisi virtual pada chanel youtube Dewan Kebudayaan Kota Cimahi dan Chanel lain yang berkaitan di Komite Seni Rupa – DKKC.

Sedangkan rencana kedepan seluruh karya yang menjadi milik panitia (DKKC) akan dipamerkan dalam bentuk peragaan lainnya, jika masa pandemi telah selesai.

Pada kesempatan lainnya, Komite Seni Rupa Dewan Kebudayaan Kota Cimahi (KSR-DKKC) Deden Maulana juga mengaskan, mengenai programnya akan terus melakukan kegiatan berkelanjutan dalam bentuk pelatihan dan pembinaan bagi  pelajar di Kota Cimahi dan sekitarnya.

“Maka bagi peserta lomba dan masyarakat lainnya mari kita saling mendukung guna meningkatkan sikap, pengetahuan, keahlian dan keterampilan dalam bentuk kreatifitas yang kiranya akan bermanfaat sebagai bidang terapan secara luas.” Tegasnya.

Deden Maulana yang juga sebagai dosen DKV Universitas Widyatama Bandung, mengucapkan selamat bagi para pemenang lomba serta peserta lainnya.

“Teruslah semangat dalam belajar, dan terus menjaga prokes serta bersama-sama kita lawan Covid 19 di Kota Cimahi.” Pungkasnya menutup pembicaraan.

Achmad Edison