Abah Sopian, Mantan Sutradara Sekaligus Penata Latar Sandiwara Atau Tonil

0
109

CIMAHI — Senin(13/08/2021)
Sandiwara atau Tonil pada waktu yang lalu merupakan hiburan yang digandrungi masyarakat dikarenakan belum banyak seni pertunjukkan yang naik kepermukaan seperti sekarang ini, sehingga keberadaan panggung sandiwara tumbuh subur tanpa terkecuali kota Cimahi.

Gedung pementasan yang terkenal di Kota Cimahi berlokasi di jalan Babakan yang sekarang berubah fungsi menjadi gedung olahraga Futsal.

Banyak melahirkan artis dan pelaku pementasan sandiwara yang masih ada di Kota cimahi diantara nya Bapak Jimena yang selalu menjadi pemeran utama dalam setiap pertunjukan sandiwara, kemudian Abah Domen Lesmana penabuh gendang yang sekarang masih eksis dan melatih bibit muda untuk menabuh gendang.

Dalam pertunjukan sandiwara yang tidak kalah pentingnya adalah Sutradara dan pelukis latar atau layar.

Saksi hidup yang masih ada adalah Abah Sopian, yang merupakan pelaku seni sandiwara di Jalan Babakan Kota Cimahi, Abah Sopian menurut pengakuannya sekarang berusia sekitar 82 tahun sekarang berdomisili di Batu datar Purwakarta, awak media berhasil menemuinya saat Abah Sopian sedang berkunjung ke Kota Cimahi.

“Saya dulu berkiprah di seni sandiwara berperan sebagai sutradara sekaligus sebagai pelukis layar atau lukisan latar yang ada dalam setiap pementasan sandiwara, pada masa itu sandiwara cukup banyak peminat dan penikmatnya sehingga tumbuh subur di Kota Cimahi, rekan yang masih saya ingat yakni Domen sebagai penabuh gendang dalam pertunjukan sandiwara tersebut, pertemuan dengan sang istripun terjadi di panggung sandiwara.”Tutur Abah Sopian.

Penjelasan yang di utarakan Abah Sopian kadang harus terhenti karena Abah Sopian harus mengingat kejadian masa lalu.
Namun sangat disayangkan seni pertunjukan sandiwara yang sangat akarab dengan masyarakat kini hanyalah tinggal kenangan, disamping sudah ditinggalkan para penikmatnya juga para pelaku seni sandiwara sudah hampir tidak ada didukung tempat pementasannya yang sudah beralih fungsi menjadi sarana olahraga, padahal pada masa keemasan pertunjukan sandiwara atau Tonil,Kota Cimahi cukup dikenal karena banyak melahirkan artis-artis yang terkenal hingga ke negeri Belanda.

AES