Guna Memastikan Kelancaran Arus Mudik Lebaran, Banyuwangi Melalui Dinas PU CKPP Kebut Perbaikan Infrastruktur

0
85

Gempurnews – Banyuwangi. Jelang mudik Lebaran, Pemkab Banyuwangi melalui Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Pemukiman (DPU CKPP) intensif melakukan perbaikan infrastruktur demi kenyamanan pemudik saat berkendara. Penambalan sejumlah ruas jalan berlubang, pemeliharaan drainase, hingga perbaikan lampu penerangan jalan umum (LPJU) ditargetkan rampung H-7 Lebaran 2024.

Hal ini seperti yang disampaikan Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Dinas PU CKPP Banyuwangi, Dr. Suyanto Waspo Tondo Wicaksono, M.Si. dikutip dari laman resmi Humas Pemkab Banyuwangi, Senin (1/4/2024).

Pria yang akrab disapa Yayan tersebut menuturkan, rehabilitasi jalan untuk persiapan mudik sudah dimulai sejak pertengahan Maret 2024. Kegiatan ini dilakukan agar masyarakat dapat menikmati arus mudik dan balik dengan nyaman.

“Perbaikan jalan kita prioritaskan pada jalan poros antar kecamatan. Target semuanya bisa tuntas H-7 lebaran,” ujar Yayan.

Sementara untuk ruas jalan yang tingkat kerusakannya cukup parah akan dikerjakan setelah lebaran. Selain infrastruktur jalan, pemkab juga melakukan pemeliharaan drainase untuk mengantisipasi banjir saat hujan. Salah satunya drainase di ruas jalan poros Licin yang terkena longsoran tanah akibat hujan deras.

“Untuk menambah kenyamanan, kami pastikan seluruh LPJU di jalan-jalan poros dan jalan menuju destinasi wisata tetap menyala,” ujar yayan.

Yayan menambahkan DPU CKPP tahun ini memiliki beberapa priorityas penanganan jalan rusak. Setelah penanganan jalur mudik, sasaran berikutnya adalah perbaikan jalur wisata untuk menyambut wisatawan yang akan datang ke Banyuwangi pada momen libur usai lebaran.

“Selanjutnya kita akan kerjakan jalur Internasional Tour de Banyuwangi Ijen yang akan digelar Juli mendatang,” tambahnya.

Melengkapi pernyataan Plt Kepala Dinas PU CKPP, Kabid Bina marga, Ebta Adharisandi, ST., M.Si. melalui Sub Koordinator Jalan, Amirul Muslim, ST., MT. Turut menjelaskan, adapun terget perbaikan jalan merupakan jalur utama, jalan antar kecamatan, jalan tengah kota hingga jalan Lingkar Ketapang.

“Setiap hari kita terus melakukan kegiatan perawatan, utamanya jalur poros, seperti jalan antar kecamatan jalan tengah kota dan yang prioritas seperti ruas Jalan Lingkar Ketapang. Jadi masing-masing Unit Pelaksana Teknis (UPT), dari keempat UPT pengelolaan jalan yang kami miliki, tepatnya UPT Banyuwangi, UPT Rogojampi, UPT Genteng dan UPT Bangorejo setiap hari terus melaporkan kegiatan pemeliharaan jalan dimasing-masing wilayahnya.” Terang Amirul saat dikonfirmasi melalui sambungan WhatsApp, Selasa (2/4/2024).

Kepada awak media Amirul juga memaparkan terkait perkembangan dari masing-masing UPTD, seperti apa yang telah dikerjakan dan apa yang tengah dikerjakan.

“Saya tidak bisa menyebutkan datanya secara pasti, yang jelas setiap hari selalu ada perkembangan baru. Kalaupun terkait apa yang sudah dan tengah dikerjakan untuk UPT Banyuwangi, seperti penambalan Jalan Lingkar Ketapang, Jalan Kepiting, Jalan Adi Sucipto, Jalan MT Hariono, Jalan Mawar, Jalan Teratai hingga Banjarsari. Sedang UPT Rogojampi fokus menuntaskan Jalan Srono – Pekulo Sumbersari yang dianggap paling banyak kerusakan, kebarat ada UPT Genteng, ada Jalan Parijatah – Karangsari, Jalan Sempu – Sumber Wadung, Jalan Jembatan Wiroguno – Tegalsari dan Jalan Sepenjang – Margomulyo, sedang diselatan UPT Bangorejo tengah menyelesaikan ruas Jalan Sambimulyo – Perempatan Damtelu yang lumayan panjang ini”. Tandasnya.

Masih dengan Amirul. “Sesui apa yang disampaikan pak Kadis, target kita semua bisa rampung H-7 Lebaran dan harapannya kedepan tidak ada lagi jalan berlubang demi kelancaran menghadapi arus mudik dan balik lebaran.” Imbuhnya. (*/Sgt)