Kota Cimahi Menjadi Juara Pertama Dalam Festival Permainan dan Olahraga Tradisional Jawabarat 2024

0
107

Cimahi,Rabu(08/05/2024) Kota Cimahi Akhirnya dinyatakan sebagai pemenang dalam Festival Permainan dan Olahraga Tradisional Tingkat Jawabarat Tahun 2024 dan menyisihkan Kota Kabupaten lain se-Jawa Barat.Kehiata yang dilaksanakan di Gedung Teater tertutup Taman Budaya Jawabarat,Jalan Bukit Dago Selatan No.53A Kota Bandung,Kota Cimahi yang diwakili oleh Padepokan Silat Ciung Wanara “Kidang Kencana” dibawah Pimpinan Kang Achmad Sobur dan Musik digarap oleh Grup Band Tradisi “Siloka Sadjiwa” bersama Komite Musik DKKC.

Grup Band Siloka Sadjiwa yang mengisi dan ikut serta menata Musik dengan Judul “Adu Dogong”

Perjuangan selama dua Minggu berlatih sangat tekun dari para peserta dibawah arahan Apih Ajat Pimpinan Dapur Kreasi Seni Fitria,Akhirnya membuahkan hasil,Kota Cimahi menjadi Juara pertama Tingkat Jawabarat dan berhak mewakili Jawabarat ke tingkat Nasional yang rencananya akan dilaksanakan pada Bulan Juni 2024 di Sulawesi.

Ketua Dewan Kebudayaan Kota Cimahi(DKKC)Siti Yanti Abintini,S.H.,M.M.,Mengungkapkan rasa syukur atas prestasi yang diraih Kota Cimahi melalui aplikasi WA,
“Festival Permainan dan Olah Raga Tradisional Jawa Barat 2024,Kota Cimahi mengirimkan kontingen kebudayaan untuk ikut serta dalam ajang tersebut.
Dengan dibantu arahan, gagasan dan ide dari Dewan Pakar DKKC dalam hal ini Bapak Hermana HMT, maka perwakilan Kota Cimahi menampilkan Permainan dan Olah Raga Tradisional yang merupakan muatan lokal kebudayaan Kota Cimahi yaitu Adu Dogong.
Didukung oleh para penata gerak dan penata artistik Kang Sobur dan Apih Ajat.
Dengan dilengkapi alunan musik pengiring dari group Band Siloka Sadjiwa,maka menyatulah suatu karya Adu Dogong dalam bentuk seni pertunjukan yang ditampilkan pada Festival tersebut.
Alhamdulillah dari 8 Kategori yang di perebutkan, perwakilan Kota Cimahi mendapat nilai yang bagus dari semua kategori dan menjadi *Juara Penyaji Ktreatif Motekar Terbaik 2024,Yang mana bulan depan akan mewakili Jawa Barat di ajang Festival Olahraga dan Permainan tradisional Tingkat Nasional.
Kesuksesan ini merupakan kerjasama semua pihak, serta dukungan dari Pemerintah Kota Cimahi yang terus selalu mensuport kegiatan2 kebudayaan dalam wadah DKKC.
Diharapkan permainan tradisional ini terus dikembangkan dan dilestarikan oleh setiap lapisan masyarakat apapaun jenis nya.
Tidak hanya sebagai sarana hiburan permainan tetapi juga merupakan pembelajaran generasi muda untuk memahami nilai-nilai kebudayaan, kebersamaan, ketekunan dan persaudaraan selain mengembangkan kecerdasan sosial, emosianal dan perkembangan tubuh.
Juga merupakan cara bagaimana kita meminimalisir anak-anak dalam penggunaan gedjet,” Ungkap Ketua DKKC.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan,Parieisatapemuda dan Olahraga(Disbudparpora) Achmad Nuryana yang dihubungi lewat Aplikasi WA Menjelaskan,
“Alhamdulillah,kami dari Pemerintah Kota Cimahi merasa bersyukur atas keberhasilan tim DKKC Cimahi yang telah berhasil menjuarai festival Permainan dan Olahraga Tradisional Tingkat Propinsi Jawabarat dan berhak mewakili Jawabarat ke tingkat Nasional,sekaligus menyampaikan apresiasi kepada seluruh tim atas keberhasilan ini. Semoga pada Festival Tingkat Nasional,Jawabarat yang diwakili oleh Kota Cimahi mendapatkan prestasi tertinggi, sehingga Jawabarat khususnya Kota Cimahi semakin menunjukkan keunggulan di berbagai bidang.” pungkasnya.

Achmad Syafei