Lomba Cipta Menu Berbasis Aksi Gerakan Kembali ke Pangan Lokal

0
433

 

LUMAJANG Gempurnews.com —
Dengan tema “Bisnis Pangan Lokal Berdaya Saing” Lomba Cipta Menu (LCM) Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Aksi Gerakan Kembali ke Pangan Lokal (SI GEMPAL), digelar di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang, Selasa (10/9/2019) pagi.

Kegiatan lomba cipta menu itu merupakan upaya Pemkab Lumajang untuk menciptakan menu khas asli daerah. “Saya berharap ini bukan hanya sekedar lomba, maksudnya adalah untuk menciptakan satu makanan khas Lumajang,” ujar Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati..

Dalam sambutannya ia berpesan agar kedepan Dinas Ketahanan Pangan dapat bersinergi dengan instansi terkait untuk terus meningkatkan kreativitas mengolah menu pangan lokal khas Lumajang, sebab dengan trciptanya menu yang beragam akan memiliki orientasi bisnis yang berdampak pada pendapatan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Bunda Indah, sapaan akrab Wabup, berharap agar masyarakat dapat mencontoh Kantor Dinas Ketahanan Pangan yang memanfaatkan halaman kantor atau rumahnya dengan tanaman – tanaman sayuran.

Menurutnya, apabila ini dicontoh, tidak hanya menjadikan halaman jadi lebih asri, tetapi juga dapat menunjang perekonomian keluarga. “Melalui PKK bisa memberdayakan masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan yang ada membantu menghemat perekonomian keluarga,” tuturnya.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Ning Farin, berharap ada kolaborasi Dinas Ketahanan Pangan, Tim Penggerak PKK dengan pengusaha catering di kecamatan masing-masing, agar dapat meningkatkan kreativitas dan menggali potensi pangan Lumajang sesuai ketentuan B2SA.

“Saya harap bagaimana Dinas Ketahanan Pangan beserta Tim Penggerak PKK mampu mengangkat makanan khas Lumajang,” harapnya. “Mudah-mudahan menu yang dilombakan terdapat daya jual yang bisa dikembangkan, sehingga dapat mengangkat menu khas Lumajang,” tambahnya.

Disisi lain, Plt. Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang, Ir. Sutan Wardono, melaporkan bahwa Lomba Cipta Menu tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena ditahun ini peserta lomba bukan hanya melibatkan Tim Penggerak PKK, namun juga melibatkan pengusaha catering di kecamatan masing-masing untuk menciptakan menu olahan khas Lumajang.

Lomba Cipta Menu tahun ini berhasil diraih oleh Kecamatan Senduro sebagai juara umum pertama, juara umum kedua diraih Kecamatan Lumajang, dan juara umum ketiga diraih Kecamatan Pasrujambe. (red)