Pemkab dan Kajari Barut Penandatanganan MOU Dilakukan Melalui Vidcon

0
52

Barito Utara.Gempurnews.com-
Pemerintah Kabupaten Barito Utara dan Kejaksaan Negeri, melaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) tentang penanganan masalah Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, di Aula Setda lantai II dan Aula Kejaksaan Negeri Muara Teweh.

Pelaksanaan penandatanganan MoU kali ini,sedikit berbeda karena dilakukan melalui media Video Conference(Vidcon),hal ini dilakukan sebagai upaya untuk tidak berkumpulnya banyak orang, di suatu forum dalam situasi pandemi Covid-19.

Bupati Barito Utara,H Nadalsyah dalam sambutannya mengatakan bahwa, berdasarkan pasal 30 ayat(2)UU Nomor.16 tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia menyebutkan bahwa dibidang perdata dan tata usaha negara. Kejaksaan dengan kuasa khusus dapat bertindak, baik didalam maupun diluar pengadilan untuk atas nama negara dan pemerintahan.

Berdasarkan Keputusan Jaksa Agung Republik Indonesia.Kep-157/A/jA/11/2012 tentang Administrasi Perkara Perdata dan Tata Usaha Negara menyebutkan, bahwa kejaksaan dengan kuasa khusus dapat memberikan bantuan dalam bidang pelayanan hukum, bantuan hukum, dan tindakan hukum lainnya.

Menurut bupati, setelah ditandatanganinya MoU ini, diharapkan dapat menjadi payung hukum bagi seluruh Kepala perangkat daerah lingkup Pemkab Barito Utara, untuk mendapatkan bantuan hukum, pertimbangan hukum dan pelayanan hukum sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

“Pemberian bantuan hukum dapat diberikan baik, di dalam maupun di luar pengadilan,”kata H. Nadalsyah.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri, Basrulnas,SH, menyampaikan bahwa berdasarkan ketentuan yang berlaku, Kejaksaan dapat ber MoU dengan Pemkab Barito Utara terkait bantuan, pertimbangan dan pendampingan hukum lainnya.

“Dengan adanya MoU, pihak Kejaksaan dapat membantu Pemerintah, dalam menangani permasalahan-permasalahan terkait hukum bagi Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Utara,”kata kajari. (SS).